Are You a Zetizen?
Show Menu

Seandainya CGI Tidak Pernah Ditemukan

Zetizen Zetizen 25 May 2016
Seandainya CGI Tidak Pernah Ditemukan

Zetizen.com CGI alias Computer Generated Imagery alias rekayasa gambar digital dengan komputer emang seringkali nggak terlalu banyak dibicarakan. Padahal, tanpa teknologi yang satu ini, banyak banget Film keren yang nggak bakal kelihatan sekeren itu. Nah, coba deh sekarang bayangin. Apa yang bakal terjadi kalau seandainya teknologi CGI itu nggak pernah ditemukan? (giv)

 

Film Bertema Luar Angkasa Bakal Jadi Cupu dan Nanggung

Scene yang menampilkan kapal luar angkasa di Ender's Game

Lupakan efek keren senjata laser dan pertempuran kapal super besar. Tanpa CGI, seluruh efek pertempuran luar angkasa yang biasanya terlihat super keren itu nggak bakalan ada. Tanpa CGI, Film kayak Avatar karya James Cameron, Interstellar karya Christoper Nolan atau Star Wars : The Force Awakens yang heboh banget kemarin itu nggak bakal ada.

Bahkan, Film Starwars : A New Hope yang terkenal dengan scene legendaris penghancuran Death Star I di tahun 1977 itu pun sebenarnya udah menambahkan special effect mirip CGI loh.

 

Karakter Fiktif Cuma Bermodal Kostum

Gajah raksasa dan pasukan orc CGI di Film Lord of the Rings

Inget penampilan superhero klasik kayak ultraman dan power ranger yang Cuma bermodal kostum berbahan spandex? Nah, tanpa CGI kira kira begitulah penampilan karakter fiktif yang bakal kamu lihat. Kamu nggak bakal kenal sama gemasnya karakter di Film Big Hero 6, atau kerennya karakter Hulk yang kekar itu.

Bahkan, kamu nggak bakal pernah ngelihat naga dan mahluk mistis keren lainnya di Film fantasy kayak Lord of The Rings atau Harry Potter. Yahh, paling paling adanya naga dari kayu yang sering muncul di sinetron kolosal di TV yang nggak habis habis itu #eh.

 

Budget Film Jadi Sangat Mahal

Setting planet Crematoria di fil Chronicles of Riddick

 

Demi membuat Film lebih dramatis, nggak jarang produser Film memutuskan buat menciptakan setting latar yang berkesan otherworldly. Kebayang nggak susah dan mahalnya menciptakan wilayah planet asing kayak yang ada di Film Chronicles of Riddick atau perkotaan hancur kayak di Divergent Series tanpa CGI?

Tanpa CGI, produser bakal benar benar harus menghancurkan satu kota untuk membuat Film San Andreas, Membelah bumi untuk Film A Journey to the Center of the Earth. Belom lagi harus benar benar menghancurkan banyak properti di Film film perang besar. Efeknya? Dijamin kamu bakal lebih banyak nemuin Film ala sinetron yang bikin scene mobil tabrakan aja Cuma tinggal memarkir mobil mepet pohon plus efek kap mesin keluar asap.  

 

Genre Film Jadi Terbatas

Gunung terbang yang nggak mungkin benar benar ada di Film Avatar

 

Seluruh faktor diatas itu pada akhirnya bakal bikin industry Film jadi sulit untuk berkembang. Sebab, setiap penambahan efek harus dikerjakan secara manual dan sangat detil. Selain akan sangat sulit, tentunya juga diperlukan waktu yang jauh lebih lama. Yah, bukannya nggak mungkin sih. Tapi yang pasti, CGI emang memberi banyak kontribusi dalam membuat scene yang nggak mungkin ditemui sehari hari.

RELATED ARTICLES

Please read the following article