Road to Suryanation Motorland 2016 Surabaya. Photo by Hafidz Zetizen Team

 

Zetizen.com, SURABAYA - Pecinta dan pelaku modifikasi custom di Surabaya nggak perlu iri akan eksistensi kultur custom di kota-kota besar seperti Jakarta, Jogjakarta, atau Bandung. Sebab, kota Pahlawan sebenarnya juga punya menyimpan potensi dan passion besar terhadap dunia custom. Bahkan kota Surabaya disebut-sebut sebagai salah satu kota barometer modifikasi kustom di Indonesia!

Pernyataan tersebut ditegaskan oleh Lulut Wahyudi, pentolan Retro Classic Cycles, di sela-sela acara Road to Suryanation Motorland 2016 yang diselenggarakan di Cafe Champion, Surabaya, Sabtu (21/5) lalu. ”Surabaya punya potensi besar dalam hal modifikasi custom. Sejak era 80'an dulu, ada banyak karya-karya modifikasi terbaik datang dari Surabaya. Kota ini menjadi salah satu baromoter modifikasi custom. Yang bisa menjaganya tetap hidup ya kalian (pelaku custom Surabaya, Red) sendiri,” ujar Lulut.

 

Photo by Hafidz Zetizen Team

 

Lulut bersama Donny Ariyanto (Studio Motor) dan Tommy Dwi Jatmiko (Master Custom) menjadi pembicara pada acara malam itu. Mereka bertiga sekaligus menjadi juri bagi motor-motor custom yang dipamerkan di Road to Suryanation Motorland.

Beberapa klub motor asal Surabaya juga tampak meramaikan ajang tersebut. Berbagai aliran modifikasi seperti Jap Style, Brat Style, Street Cub, Cafe Racer, dan sebagainya, meramaikan venue. Ternyata, karya modifikasi arek-arek Suroboyo terbukti nggak kalah dengan kota lain. Para juri memberi pujian setelah mengamati beberapa di antaranya. ”Bagus. Modifikasinya oke. Idenya juga kreatif,” cuap Donny, salah satu juri, saat menilai sebuah Honda CB 400 dengan modifikasi Cafe Racer.

Photo by Hafidz Zetizen Team

 

Nggak hanya untuk ikut kontes, para riders dari berbagai komunitas di Surabaya rupanya juga datang untuk berkumpul bersama. Mereka tampak enjoy ngobrol dan sharing tentang motor masing-masing. ”Di acara seperti ini kami jadi punya kesempatan untuk berkumpul bersama klub lain. Semakin sering tentu makin bagus karena pecinta custom Surabaya jadi makin solid,” ujar Arif Argha, 21, salah satu penggiat otomotif yang mengaku selalu datang di setiap kali ada acara seputar dunia custom di Surabaya.

Ya, eksistensi modifikasi custom di Surabaya memang tak seramai kota lain. Event yang mewadahi karya para builder dan komunitas para rider bisa dihitung dengan jari. Namun bukan berarti jumlahnya sedikit. Buktinya, pada event seperti Customland, Motorland, bahkan pada level nasional sekelas Kustomfest, para custom enthusiast dari Surabaya tak pernah absen. Bahkan, tak jarang para builder kota pahlawan membawa pulang piala dari karya yang dikompetisikan.

Photo by Hafidz Zetizen Team

 

Well, pengunjung Road to Suryanation Motorland malam itu makin terhibur saat Gugun Blues Shelter, sang guest star, menggeber musik di atas panggung. Otomotif, unsur custom, lengkap dengan para rider, semua nge-blend sempurna dilatari alunan musik blues. Sebuah atmosfer yang tak asing. Atmosfer yang tampaknya sudah menjadi bagian dari kota Pahlawan. Barangkali memang benar adanya, bahwa kota ini adalah ”garasi” yang tepat, dimana kultur custom dapat tumbuh subur di dalamnya. Wake up, heroes! (agf/giv)

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!