Ilustrasi: wired.com

 

Zetizen.com - Sejak awal Mei lalu, isu Planet Mars yang akan mendekati bumi beredar luas. Tapi sebenarnya, sebutan “mendekati” adalah kata yang salah. Sebab, jika jarak antar planet berubah mendekat atau menjauh alias keluar dari orbit putarannya, maka ini merupakan hal yang nggak mungkin tuh. The truth is, Mars akan berada pada jarak terdekat dengan bumi di tahun ini, yaitu dengan jarak 75,3 juta km.

Hal ini terjadi karena orbit Mars dan orbit Bumi mengitari Matahari memiliki bentuk yang tidak sama dan tidak membentuk lingkaran sempurna. Sebelumnya pada 22 Mei lalu, sudah terjadi fenomena posisi Mars, Bumi, dan Matahari yang berada dalam satu garis lurus yang disebut sebagai The Martian Opposition (oposisi Mars). Yaitu dimana posisi Bumi tepat berada diantara Matahari dan Mars.

 

Ilustrasi: Earthsky.org

 

“Ketika oposisi, Bumi tepat ditengah Mars dan Matahari. Kalau di depan terlihat Matahari, maka Mars berada tepat dibelakang,” jelas Gunawan, Peneliti Fisika Matahari dan Astronomi di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Fenomena oposisi Mars ini terjadi juga karena durasi Bumi dan Mars mengitari matahari menghabiskan waktu yang berbeda. Bumi mengitari Matahari selama 365 hari, sedangkan Mars membutuhkan 687 hari. 

Dalam waktu dekat, Mars akan dapat dilihat dari Bumi lebih jelas karena akan berada pada jarak terdekat dengan Bumi, yakni pada tanggal 30 Mei nanti. Waktu terbaik untuk melihat Mars adalah pada tengah malam dan Mars akan terlihat di sebelah Selatan tepat di atas rasi bintang scorpio.

 

Ilustrasi: Earthsky.org 

 

Pada posisi itu kalian akan melihat 2 objek berwarna merah yang bersinar terang, yaitu Mars dan Bintang Antares. Untuk membedakannya, Bintang Antares akan disertai kedipan cahaya, sementara Mars nggak. Fyi, pemandangan ini bisa kamu lihat dengan mata telanjang lho. Tapi nggak ada salahnya untuk menggunakan teropong khusus agar melihat Mars lebih jelas.

 

Ilustrasi: NASA

 

Ohya, kalian akan bisa melihat Mars dengan cukup jelas sampai tanggal 3 Juni 2016 nanti nih,  guys. Fenomena Mars berada dalam jarak terdekat dengan Bumi ini terjadi dalam 2 tahun sekali. Sehingga pada 2018 mendatang fenomena ini kembali terulang. Malahan, Mars akan berada lebih dekat lagi dengan Bumi yakni dengan jarak 57,6 juta km. (Earthsky/NASA/yud/ver)

 

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!