Are You a Zetizen?
Show Menu

Survive Naik Bemo Keliling Surabaya

Zetizen Zetizen 27 May 2016
Survive Naik Bemo Keliling Surabaya

Zetizen.com – Meski nggak sepopuler dulu, naik bemo masih jadi pilihan transportasi yang ramah kantong dan merakyat di Surabaya. Jalan-jalan keliling Surabaya seru loh buat dicoba. Khawatir salah naik bemo? Wajar kok, bemo di Surabaya emang berwarna-warni dan punya rute yang beragam. Biar nggak bingung, Zetizen Team bakal kasih tahu cara nge-bemo yang bener di Surabaya. Check this out! (ndy/sam)

 

Gak Bisa Bedain Warna? Liat Huruf Aja!

FYI, rute atau lajur Bemo di Surabaya punya sebutan lyn. Nah, beda lyn, beda juga bemonya. Untuk tujuan serta lyn, kamu bisa cek di sini. Kadang, beberapa lyn Bemo punya warna yang hampir sama yang bikin kita bingung. Yang harus kamu lakuin adalah fokus ngelihat huruf yang tertera pada bagian pojok kaca atau bemper bemo.

 

Tanya Pak Supir Bemo Terdekat

Masih bingung juga? Mencegat bemo terdekat bisa jadi cara paling aman. Meski bemo itu nggak sesuai dengan arah tujuanmu, supir bemo akan memberi tahu bemo apa yang harus kamu naiki. Jika masih dalam satu rute, mereka akan berbaik hati menurunkan kamu di tempat yang tepat untuk oper Bemo selanjutnya. Supir bemo Surabaya ramah-ramah kok!

 

Siapin Uang Pas Biar Nggak Ribet

Bemo masih termasuk transportas konvensional yang menerapkan tarif dasar jauh-dekat Goceng alias Rp 6000. Khusus pemakai seragam sekolah cukup bayar Rp 3000-4000. Cukup murah ya? Pas mau bayar, usahakan pakai uang pas biar pak supir Bemo nggak ribet cariin kembalian.

 

Pengin Cepet? Hindarin Bemo Yang Lagi Ngetem

Bemo bisa  mengangkut penumpang maksimal 11-12 orang. Nah, saat yang tepat untuk menaiki Bemo adalah ketika isi penumpang udah hampir penuh. Pokoknya lebih dari lima orang deh. Jika isi penumpdang Bemo hanya sekitar 2-5 orang, kemungkinan supir Bemo akan ngetem lama untuk menunggu penumpang. Trik ini juga berlaku loh jika kalian mulai menempuh perjalanan dari terminal maupun saat bemo lagi di jalan.

 

Udaah, Pasrah Aja Dibawa Kemanapun

Paling lama, rata-rata perjalanan Bemo dari titik awal hingga akhir rute memakan waktu sekitar 2,5 jam. Kalau kamu cukup hoki, perjalanan di dalam bemo mungkin nggak bakal lama banget. Tapi namanya juga cari penghasilan, pak supir musti ngetem lama buat cari penumpang agar bemonya full. Emang perlu sabar sih. Tapi kalau udah sampai tujuan, lega juga kan.

  

RELATED ARTICLES

Please read the following article