Are You a Zetizen?
Show Menu

3 Langkah Pencegahan Kekerasan Seksual

Zetizen Zetizen 29 May 2016
3 Langkah Pencegahan Kekerasan Seksual

 

Zetizen.com - Berbagai kasus kekerasan seksual  terhadap wanita dan anak ramai dibicarakan akhir-akhir ini. Sementara kasus Yuyun belum terselesaikan, muncul kasus pembunuhan Enno Farihah. Sebelum ditemukan tewas di kamar kosnya, Enno diperkosa oleh pacarnya sendiri. Timeline media sosial nggak henti-hentinya mengecam pelaku yang dibilang sejahat binatang.

Menanggapi kasus kekerasan seksual yang bertubi-tubi itu, Presiden Jokowi akhirnya meresmikan Peraturan pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) tentang kekerasan seksual. Tepat pada 25 Mei 2016 sanksi tambahan diberikan kepada pelaku kekerasan seksual anak. Yaitu dengan kebiri kimia,  pemasangan chip serta rehabilitasi.

Well, meski pemerintah sudah menetapkan hukuman berat pagi pelaku, kamu tetap harus melakukan tindak pencegahan. Terutama buat cewek-cewek. Menurut catatan Komnas Perempuan, tahun 2015, at least tiap dua jam sekali, tiga perempuan jadi korban kekerasan seksual dengan 15 jenis kekerasan. Nah makanya kamu harus ekstra waspada .  Ada 3 step yang bisa dilakukan biar nggak ada Yuyun dan Enno lainnya.

Aksi tolak kekerasan seksual di Bundaran HI Jakarta. Foto: Ismail Pohan/Jawa Pos Group

 

  1. Jaga diri. Jaga diri bisa kamu lakukan dengan memakai pakaian yang tertutup di tempat umum. Pakai baju terbuka itu hakmu kok, asal disesuiakan di tempat  dan acara yang pas. Kan aneh kalau kamu pakai tank top dan mini skirt di busway. Know the right style on the right time and place, girls!
  2. Jaga mulut. Ungkapan mulutmu harimaumu memang berguna di segala hal. Dalam beberapa kasus kekerasan seksual, tersangka mengaku tega melakukan kejahatan itu karena sakit hati dengan ucapan atau penolakan korban. Cinta emang nggak harus bersama. Tapi, daripada menghina, ada cara yang lebih halus buat menolak, kan 
  3. Jaga hubungan. Nah, ini dia langkah paling penting. Hubungan pertemanan maupun kekeluargaan yang dipertahankan dengan baik bakal menjaga kita dari banyak hal buruk di luar sana. Selain itu, dengan menjaga hubungan baik dengan teman, keluarga, atau mantan, bikin kita merasa terlindungi dan nggak perlu paranoid.

 

Suatu kasus nggak akan terselesaikan kalau hanya menyalahkan salah satu pihak. Makanya tiap individu waji menerapkan tiga rumus ‘jaga’ di atas. Presiden Soekarno  pernah mengatakan bahwa kemajuan suatu negara juga didukung oleh kemajuan kaum wanita.  Nah kalau perempuannya diperlakukan semena-mena? (raf/sam)

“Soal masyarakat dan negara adalah soal laki-laki dan perempuan. Dan soal perempuan adalah suatu soal masyarakat dan negara” – Ir. Soekarno

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article