Are You a Zetizen?
Show Menu

21 Perguruan Tinggi Kedinasan Ramaikan OPTK 2016

Zetizen Zetizen 31 May 2016
21 Perguruan Tinggi Kedinasan Ramaikan OPTK 2016

 

Zetizen.com - Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan (OPTK) 2016 sukses digelar! Kejuaraan bidang olahraga dan akademis di tingkat Perguruan Tinggi Kedinasan ini merupakan acara tahunan Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia. Dan di tahun ke-9, OPTK dilaksanakan selama tiga hari mulai Jumat (27/5) hingga Minggu (29/5) lalu.

Bertempat di area Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, tim panitia menggelar OPTK 2016 dengan tema ”Jaya Nusantara” yang menujukkan semangat menjaga kelestarian Indonesia.

Well, kejuaraan bidang akademis dan olahraga nggak melulu berlangsung tegang dan serius kok. Buktinya, OPTK 2016 berlangsung meriah karena keikutsertaan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang melebihi target panitia nih, guys. Yakni diikuti sebanyak 21 PTK, diantaranya Institut Perguruan Dalam Negeri (IPDN) dan Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) dari Bandung, Sekolah Tinggi Penerbangan Nasional (STPN) Yogyakarta, Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) Jakarta dan tentunya STAN yang merangkap sebagai peserta dari Tangerang. Serta PTK lainnya dari seluruh Indonesia yang bikin crowd acara makin ramai. Wih!

 

Basket jadi salah satu pertandingan yang berlangsung dengan persaingan ketat. Foto: Gilang/Zetizen Team

 

Semua kampus tersebut memperebutkan juara di 16 cabang olahraga yang diantaranya Basket, Badminton, Karate. Serta 6 cabang seni dan akademis yang diantaranya Debate, Fotografi hingga Sinematografi. Setelah berjalan selama 3 hari, akhirnya IPDN  terpilih sebagai peraih juara umum. Kampus ini menjadi juara setelah memperoleh total 37 medali dengan rincian 19 emas, 15 perak serta 3 perunggu. Mengungguli tuan rumah STAN, yang menjadi juara 2 dengan total 38 medali yakni 14 emas, 12 perak, serta 12 perunggu. Meskipun jumlah peroleh medali lebih banyak dirasih STAN, namun IPDN lebih unggul di medali emas sehingga berhak mendapatkan gelar juara umum. Keren!

Fyi, salah satu kelebihan penyelenggaraan OPTK 2016 ialah transparansi rundown dan cara penilaian selama pertandingan. Hal ini bisa terlihat dari situs resmi dan akun media sosial OPTK 2016 yang terus meng-update perkembangan dan informasi dari pertandingan-pertandingan yang dimainkan. Selain itu, sisi art juga jadi hal yang berbeda dari konsep OPTK tahun ini tuh. “Kita membuat konsep dengan lebih menonjolakn art¸ sehingga meninggalkan kesan kaku pada PTK,” Ujar Esta Harnas Mutiara, Kasubid Marketing dan Media Partner OPTK 2016.

 

Woah! Pendukung IPDN teriaki tim yang bertanding dengan penuh semangat. Foto: Gilang/Zetizen Team

 

Keberhasilan kejuaraan OPTK 2016 tentu nggak terlepas dari masa persiapan selama 3 bulan dan dukungan 256 panitia yang berkontribusi di dalamnya. Walau hanya dibekali waktu persiapan yang singkat, event ini berhasil mendatangkan lebih dari 3000 penonton lho! Ditambah, hadirnya RAN sebagai guest star yang menghibur penonton serta para atlit di akhir acara.

Di segmen penutupan OPTK 2016 yang diadakan Minggu malam (29/5), RAN hadir dengan membawakan beberapa lagu hits. Seperti “Dekat Di Hati”, “Pandangan Pertama”, dan lagu populer lainnya yang berhasil membuat penonton ikut nyanyi bareng. OPTK 2016 pun berakhir dengan sportifitas peserta, dan ramainya pengunjung yang excited selama hadir di venue hingga pukul 22.00 WIB. (fer/ver)

RELATED ARTICLES

Please read the following article