Are You a Zetizen?
Show Menu

10 Hal Membanggakan dari Surabaya

Zetizen Zetizen 01 Jun 2016
10 Hal Membanggakan dari Surabaya

 

Zetizen.com – Selamat hari jadi ke-723, Surabaya! Walaupun sempat dapat ‘kado’ hujan besar yang bikin banjir dimana mana, cinta ‘Arek-arek Suroboyo’ sama kotanya di hari bersejarah ini sama sekali nggak pudar loh. Yah, meskipun surabaya emang belum sepenuhnya sukses jadi kota yang aman, bebas macet, dan banjir. Tapi, 10 hal ini pastinya bakal bikin kalian yang tinggal di surabaya ngerasa bangga sama Kota Pahlawan ini. Yok, cek iki, Dulur! (dhs/giv)

 

Nggak Jaim

Orang surabaya terkenal ceplas-ceplos, bahkan nggak ragu menyapa dengan imbuhan kata “Cok” ke orang yang udah akrab. Kalau dilihat sekilas, pasti banyak yang menganggap cara ngomong orang surabaya itu kasar. Padahal, hal itu seringkali justru menandakan keakraban. Nggak heran meski kadang kelihatan kasar dan omongannya nggak di-filter, Arek-Arek Suroboyo itu sebenarnya ramah dan solid banget. Di sini, semua orang saling peduli satu sama lain. Jadi nggak ada deh tuh acara jaim-jaiman alias jaga image.

 

Rp10.000 = Perut Kenyang

Meski punya status sebagai ibukota provinsi jawa timur sekaligus kota metropolitan terbesar ke-dua di Indonesia, biaya hidup di kota Pahlawan tergolong murah. Bayangin aja, cukup dengan sepuluh ribu rupiah, satu porsi lengkap Nasi Campur plus Es Teh udah bisa berpindah ke perutmu yang lagi lapar itu. Asik kan?

 

Taman kota dimana mana

Nggak bisa dimungkiri kalau cuaca di surabaya itu emang panas banget. Makanya, buat mengimbangi suhu yang makin menggila, surabaya punya banyak banget taman yang bikin suasana kotanya jadi asri. Bahkan salah satu taman di surabaya yakni Taman Bungkul, dinobatkan sebagai salah satu taman terbaik di Asia tahun 2013 oleh PBB. Selain itu, tamannya pun punya keunikan masing masing. Mulai dari Taman Lansia, Taman Pelangi, Taman Ekspresi, sampai taman prestasi dan taman-taman lainnya bisa kamu temukan di seluruh penjuru Surabaya.

 

Bu Risma Walikota Tercinta

Meski watak orang orangnya dikenal keras, surabaya justru dipimpin oleh seorang wanita loh. Tapi jangan salah, wanita yang akrab disapa bu risma ini justru udah dianggap kayak ibu sendiri oleh seluruh warga Surabaya. Sejak pertama kali menjabat, bu risma berhasil bikin gebrakan yang membuat surabaya maju pesat. Mulai dari menutup lokalisasi dolly, menciptakan banyak taman dan menertibkan berbagai pelanggaran.

Sifatnya yang tegas namun penuh kasih sayang bikin bu risma sangat disayang warganya. Beliau juga nggak malu buat turun ke jalan benerin tanaman rusak sampai marahin anak-anak yang ketahuan mesum di jalan loh. Nggak salah kalau wanita tangguh yang satu ini masuk kedalam 50 besar pemimpin berpengaruh dunia versi majalah Fortune, Amerika.

 

Kota penuh sejarah

Surabaya dijuluki kota pahlawan bukan tanpa sebab. Di kota inilah pahlawan besar macam Bung Tomo, HOS Tjokroaminoto, MT Haryono, dan banyak pahlawan lainnya lahir dan berjuang. Bahkan, hari pahlawan yang diperingati setiap 10 November itu juga diadakan untuk memperingati pertempuran besar di surabaya tahun 1945.

 

Surganya Tempat Foto Hits

Di Surabaya, kamu yang suka foto foto nggak bakal kehabisan tempat foto kece. Sebab, disini kamu bisa menemukan berbagai macam spot buat dijadikan lokasi hunting foto. Mulai dari Hutan Mangrove, Pantai, Bagunan Bersejarah, Taman Kota, sampai kebun binatang. Bahkan jalan raya seperti di depan Hotel Majapahit pun nggak jarang jadi tempat foto yang hits.

 

Punya Kapal Selam Di Daratan

Di masa awal kemerdekaan, angkatan laut Indonesia pernah sangat ditakuti. Salah satunya karena Indonesia punya banyak kapal selam canggih yang mematikan. Nah, di Surabaya, salah satu kapal selam bersejarah tersebut dipajang sebagai monumen. Monumen yang dikenal Monumen Kapal Selam (Monkasel) ini pun jadi salah satu simbol ikonik kota Surabaya.

 

Arsitektur Asli Jaman Kolonial

Beberapa lokasi di surabaya masih memiliki arsitektur yang merupakan percampuran antara pengaruh kolonial, Asia, Jawa, modern, dan eropa klasik. Di daerah surabaya Utara sekitar Tugu Pahlwan masih banyak dijumpai bangunan peninggalan era kolonial yang masih berdiri kokoh hingga saat ini.

 

Sebutan Buat Arek-Arek Suroboyo

Di sini, panggilan Arek atau Rek adalah panggilan khas orang Surabaya. Namun dikenal juga panggilan khas lainnya yakni Cak untuk laki-laki dan Ning untuk perempuan. Sebagai upaya untuk melestarikan budaya, setiap satu tahun sekali diadakan pemilihan Cak & Ning Surabaya. Cak & Ning surabaya dan para finalis terpilih merupakan duta wisata dan ikon generasi muda kota Surabaya.

 

Punya Salad Asli Surabaya 

Ngomongin Surabaya, nggak lengkap kalau nggak ngomongin makanan khasnya. Kota yang satu ini punya banyak makanan tradisional berkelas internasional. Mulai dari salad tradisional asli surabaya yaitu, Urap, Pecel Semanggi, Rujak sampai Gado-Gado yang diracik dengan bumbu-bumbu tradisional seperti bumbu kacang dan rempah rempah khas yang bikin makanan ini punya rasa yang khas.

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article