Zetizen.com - Seperti negara Indonesia, dasar negara kita Pancasila nggak terbentuk begitu saja. Perumus Pancasila atau yang lebih sering disebut founding fathers menyusun pancasila  pada sidang BPUPKI tanggal 29 Mei -1 Juni 1945. Yuk inget-inget lagi siapa founding fathers Pancasila! (pew/sam)

 

1. Ir Soekarno

Lahir: 6 Juni 1901

Meninggal: 21 Juni 1970

Soekarno adalah tokoh utama yang menuntut kemerdekaan bangsa Indonesia dari Belanda dan Jepang. Sebelum bergabung dalam BPUPKI, dia sudah membentuk Partai Nasional Indonesia pada 1927. Pergerakannya pun nggak main-main, sampai-sampai Ir Soekarno pernah diasingkan karena dianggap pemerintah Belanda berbahaya. Soekarno membacakan dasar negara yang dibentuk tepat pada tanggal 1 Juni 1945. Ir Soekarno pula lah yang mengusulakan nama kelima dasar negara tersebut sebagai Pancasila.

 

2. Soepomo

Lahir: 22 Januari 1903

Meninggal: 12 September 1958

 

Soepomo merupakan tokoh yang sangat paham hukum di Indonesia. Dia banyak menulis tesis mengenai hukum agraris. Apalagi  saat itu penduduk Indonesia didominasi oleh petani. Soepomo ikut merumuskan dasar negara pada 31 Mei 1945. Dalam perumusan tersebut, Soepomo lebih mementingkan persatuan bangsa terlebih dahulu. Sebab bangsa Indonesia pada saat itu masih bersifat kedaerahan dalam mengusir penjajah. Nggak cuma mempersiapkan dasar negara, dia  juga ikut andil dalam merumuskan UUD  1945.

 

3. Mohammad Yamin

Lahir: 24 Agustus 1903

Meninggal: 17 Oktober 1962

Salah satu founder ini memulai perjuangannya lewat tulisan puitis yang menggambarkan aksi kepahlawanan era 1945. Saat masih menjadi mahasiswa, Mohammad Yamin juga aktif mengikuti berbagai gerakan pelajar. Sampai akhirnya ikrar sumpah pemuda dibacakannya saat Kongres Pemuda II. Pemikiran pentingnya turut andil dalam perumusan dasar negara saat sidang pertama BPUPKAI. Pada hari pertama sidang yakni pada 29 Mei 1945, Mohammad Yamin langsung mengajukan kelima dasar negara. Dia mengajukan kelima dasar tersebut secara lisan dan tertulis. 

Share
Create Your Own Article!