Foto: Gilang/Zetizen Team

 

Zetizen.com – SBMPTN baru aja selesai, ratusan ribu siswa berebut bangku kuliah di universitas negeri. Tapi, tahu nggak sih kamu kalau Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) juga punya prospek yang bagus? (fer/ver)

Yup, lembaga pendidikan yang berada di bawah pengawasan Kementrian Pemerintah ini memang menerapkan metode pembelajaran yang berfokus dan terkonsentrasi pada satu bidang. Misalnya Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) yang mendalami bidang akuntansi, atau Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) yang konsen pada ilmu persandian. Nggak heran, kalau lulusan yang dihasilkan PTK adalah orang yang benar-benar ahli di bidangnya.

Menuntut ilmu di PTK juga punya banyak keuntungan. Seperti biaya perkuliahan yang gratis alias ditanggung oleh Negara serta pembekalan uang saku yang rutin didapat Mahasiswa setiap bulan. Bahkan, mahasiswa PTK juga mendapat jaminan langsung bekerja di instansi pemerintahan setelah lulus.

Tapi, masuk PTK bukan berarti gampang dan tanpa hambatan. Justru, di awal masa penerimaan mahasiswa baru, kamu akan bersaing dengan ribuan pendaftar lainnya yang mengikuti tes. Selain itu, konsistensi nilai hasil studi juga harus terjaga jika kamu menjadi mahasiswa PTK. Sebab, prestasi belajar yang menurun bakal membuatmu terancam drop out!

Ada banyak PTK yang bisa kamu jadikan salah satu target sebagai tempat perkuliahanmu nanti. Beberapa diantaranya ada:

Sekolah Tinggi Tekhnologi Tekstil

PTK yang berada di bawah Kementrian Perindustrian ini menyediakan program studi tehnik tekstil, kimia tekstil, dan produksi garmen. Cocok untuk kamu yang ingin mempelajari bidang teknologi dan seni, khususnya memproduksi barang tekstil pada industri fashion. Saat ini STTT yang berlokasi di Bandung membuka pendaftaran ujian saringan masuk gelombang II pada 6-24 Juni 2016. Cek jadwal lengkapnya di www.stttekstil.ac.id ya!

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia

Punya cita-cita mendalami industri penerbangan? Buruan deh daftar ke STPI Tangerang, Banten, yang membuka pendaftaran hingga 20 Juni mendatang. Setelah melakukan registrasi online di situs www.stpicurug.ac.id, kamu akan melalui tes pada 25 Juni nanti. Fyi, pendaftaran PTK yang berada dalam pengawasan Kementrian Perhubungan ini terbuka untuk calon taruna pria dan wanita lho.

Akademi Pimpinan Perusahaan

Politeknik APP berlokasi di Jalan Timbul, Jakarta Selatan. Saat ini, APP memasuki masa pendaftaran calon mahasiswa tahap kedua yang dimulai 6 Juni – 22 Juli 2016. Program studi yang disediakan meliputi Manajemen Pemasaran Industri Elektronika, Perdagangan Internasional Wilayah ASEAN, dan prodi lainnya yang bisa kamu lihat di situs www.pmb.poltekapp.ac.id.

Share
Create Your Own Article!