Are You a Zetizen?
Show Menu

Tips Pintar Menjaga Akunmu Tetap Aman

Zetizen Zetizen 08 Jun 2016
Tips Pintar Menjaga Akunmu Tetap Aman

Zetizen.com – Pada akhir minggu lalu, media sosial dibikin heboh dengan berita bahwa akun twitter dan pinterest milik CEO Facebook yang berhasil dibobol grup hacker. Grup hacker yang mengaku tergabung dalam OurMine Team itu mendapatkannya dari password dump LinkedIn. Ternyata Zuckerberg yang termasuk orang terkaya di dunia itu memakai password sangat sederhana untuk akun media sosialnya, yakni “dadada”. Saking simpelnya, password miliknya disebut sebagai yang terburuk di dunia.

Well, dunia maya emang nggak terlepas dari pembajakan, guys. Bos Facebook yang berkecimpung di dunia teknologi tiap hari aja bisa kena hack gimana kita ya? Berikut aksi pencegahan yang bisa kamu lakuin biar akunnmu aman dari para hacker! (connectsafely/aw/sam)

Mark Zuckerberg. Foto: Latest headline

 

DON’TS

Satu password buat beberapa akun

Inilah yang menyebabkan akun twitter dan pinterest mark zuckerberg kena hack. Kabarnya sejak ada insiden pembocoran password LinkedIn pada Mei lalu, salah satu akun Mark menjadi korbannya. Nah password “dadada” miliknya ternyata dipakai untuk LinkedIn, Instagram, twitter dan Pinterest.  Nah belajar dari kesalahan Mark Zuckerberg, jangan pakai satu password buat beberapa akun sekaligus. Emang sih memudahkan kamu mengingatnya, tapi sebaiknya dikasih sedikit variasi biar nggak sama.

 

Bikin Password Acak

Iya sih password mark zuckerberg super simpel. Tapi password yang rumit bukan berarti recommended. Barangkali sebagian dari kalian ngeetik password secara random biar akunmu media sosialmu aman dari pembajakan. Tapi apa iya kamu bakal inget lagi passwordmu? Apalagi fitur remember password bikin kamu jarang mengetiknya lagi. Bukan malah aman malah kamu sendiri yang repot kan?

 

DO’S

Gunakan Bantuan Aplikasi

Cara paling gampang  buat ngakalin teknologi adalah dengan pakai teknologi juga. Nah untuk memastikan password yang kamu buat itu aman dan mudah diingat, pakai bantuan software. Software seperti Lastpass dan Diceword bisa membantu membuat referensi password yang secure untuk kalian nih.

 

Ganti Password Secara Berkala

Kayak hubunganmu sama si pacar yang kadaluarsa tiap tiga bulan, begitu juga password akun media sosialmu. Makanya kamu perlu mengganti password-mu secara berkala, at least 3 bulan sekali. Meskipun merepotkan mengganti password kalian secara berkala dapat memastikan keamanan akun kalian.

RELATED ARTICLES

Please read the following article