Are You a Zetizen?
Show Menu

7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Zetizen Zetizen 09 Jun 2016
7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

 

Zetizen.com – Buat umat muslim, puasa di bulan Ramadan emang merupakan kewajiban. Namun, tahu nggak sih kalau diluar sifatnya yang merupakan ajaran agama, puasa itu emang punya banyak manfaat yang udah dibuktikan secara ilmiah. Menurut ilmuwan, 7 manfaat ini bisa kamu dapatkan lewat berpuasa. (Lifehack/Authority Nutrition/fhr/giv)

 

Diet

Mungkin ini adalah salah satu manfaat paling jelas dari puasa. Prinsip no food = no weight gain jelas banget bisa kamu dapatkan dengan mudah lewat puasa. Asal kamu nggak kalap dan malah makan banyak banget waktu buka puasa aja.

 

Mempercepat metabolisme

Tanpa adanya makanan dan minuman yang masuk, sistem pencernaanmu akan beristirahat sementara. Yang berarti, tubuhmu bakal mengoptimalkan energi metabolisme untuk membakar kalori. Hal itu akan membantu untuk membersihkan sekaligus menyehatkan sistem pencernaanmu

 

Mengatur Pola Makan

Meski kamu bukan atlet atau binaragawan yang harus menjaga bentuk tubuh ideal, pola makan yang sehat juga tetap perlu kamu jaga. Nah, puasa ini bisa menjadi kesempatanmu buat mengatur pola makan, nggak terlalu banyak dan nggak terlalu sedikit.

 

Meningkatkan Fungsi Otak

Puasa ternyata meningkatkan fungsi otak juga lho.. Karena saat berpuasa, produksi protein neurotrophic yang bermanfaat untuk otak meningkat pesat. Protein ini juga berperan mencegah penyakit otak seperti Alzhemeier dan Parkinson.

 

Meningkatkan Sistem Imun

Di alam liar, hewan yang sakit biasanya akan berhenti makan sejenak. Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata dengan berhenti makan sementara, sistem imun dalam tubuh dapat meningkat. That’s why, puasa juga bisa membantu tubuhmu meningkatkan sistem imun.

 

Mencegah Jerawat

Biar pun perut lapar, paling nggak wajah bakal tetap cakep. Sebab, puasa memberi tubuh kesempatan lebih buat menetralisir racun dan meregenerasi sel kulit. Jadi nggak cuma mencegah jerawat, puasa juga bisa bikin kamu lebih fresh sekaligus menjaga kulitmu tetap bagus.

 

Menambah harapan Hidup

Manfaat yang terakhir ini sebenarnya lebih berupa hitung hitungan statistik. Sebuah penelitian pada tikus menunjukan bahwa tikus yang diatur untuk puasa memiliki kemungkinan hidup 83% lebih lama dibanding yang tidak. Nah, efek ini bisa saja ditemukan pula pada manusia mengingat banyak manfaat positif puasa bagi tubuh.

 

Anyway, terlepas dari hasil penelitian, berpuasa memang mengurangi kemungkinan dan keinginan kita buat mengkonsumsi makanan yang nggak sehat, kan?

RELATED ARTICLES

Please read the following article