Are You a Zetizen?
Show Menu

6 Kegiatan Ini Bikin IQ Naik Selama Liburan

Zetizen Zetizen 16 Jun 2016
6 Kegiatan Ini Bikin IQ Naik Selama Liburan

Zetizen.com – Ciyee enaknya yang lagi liburan sekolah. Udah bosen nganggur belum? Libur panjang emang cenderung bikin kita jadi malas dan nggak banyak mikir. Efeknya, otak nggak diasah dalam waktu yang cukup lama. Biar nggak lemah otak alias lemot, ada lho 6 kegiatan yang bisa meningkatkan IQ-mu selama liburan loh. Check it out! (shoutmeloud/menshealth/Observer/fhr/sam)

 

1. Main Video Games

Credit: pbs

Emang sih main game bisa bikin kita ketagihan dan kadang malas belajar. Eits, tapi jangan melihat sebelah mata. Main game juga bisa melatih IQ loh, khususnya game yang melatih refleks kita. Misalnya yaitu game-game shooting seperti Call of Duty. Pada permainan semacam itu, otak kita dipaksa buat berpikir cepat.

 

2. Sesekali Nyoba Jadi Vegetarian

Credit: petakids

Ternyata asupan makanan kita juga berpengaruh besar ke perkembangan IQ loh. Menurut penelitian ilmiah, gaya hidup dan nutrisi yang dikonsumsi para vegetarian membuat mereka lebih cerdas. Yep, mengonsumsi banyak vitamin dan serat ala vegan terbukti memperlambat gejala pikun hingga 10 tahun.

 

3. Jangan Menghitung Pakai Kalkulator

Credit: youtube

Emang sih teknologi bikin hidup kita serba mudah dan praktis. Tapi akibatnya otak kita jadi manja karena jarang dipakai . Untuk menjaga otak tetap tajam, harus sering dibuat mikir. Nope, bukan mikirin mantan yang bikin gagal move on. Yang tepat adalah seperti membiasakan diri nggak memakai kalkulator saat berhitung.

 

4. Main Musik Yuk!

Credit: youtube

Bermain musik butuh keseimbangan antara yang ada di otak dan yang dimainkan di tangan. Nggak cuma itu, kadang tangan kanan dan kiri memainkan pola yang berbeda. Ini lah yang bikin bermain musik bisa melatih ketajaman otak, terutama otak kanan.

 

5. Sering-sering Baca Buku

Credit: huffingtonpost

Okay, udah jadi pengetahuan umum bahwa agar pintar, sering-seringlah membaca. Ternyata, otak kita lebih sehat saat kita membaca topik-topik yang baru dan asing buat kita. Misal topik tentang sejarah Romawi, dinosaurus, atau tentang luar angkasa. Cara ini akan membuat otak kita menyesuaikan diri dengan info-info baru sehingga terus berkembang.

 

6. Kepo is good!

“I have no special talents. I am only passionately curious.” - Albert Einstein

Einstein aja ngaku loh kalau dia jadi pintar karena suka kepo. Kepo akan membuat kita mengeksplor hal-hal baru dan membuat otak kita semakin kaya. Dengan jadi kepo pula, kita punya lebih banyak ide dan lebih kreatif. Tapi bukan berarti boleh loh ya ngepoin timeline mantan tiap hari?

RELATED ARTICLES

Please read the following article