Are You a Zetizen?
Show Menu

Kepler Mission Temukan 9 Planet yang Bisa Dihuni

Zetizen Zetizen 16 Jun 2016
Kepler Mission Temukan 9 Planet yang Bisa Dihuni

Zetizen.com – Apakah ada kehidupan di luar bumi? Jawabannya masih menjadi misteri. Namun hasil penjelajahan pesawat Kepler milik Amerika Serikat yang baru kembali Mei lalu seakan membuahkan titik terang buat pertanyaan tersebut. Misi pencarian planet alternatif Bumi yang telah diluncurkan sejak Mei 2009 itu melaporkan terdapat 9 planet yang mungkin ditinggali makhluk hidup. Bisa kah planet-planet itu jadi tempat tinggal manusia berikutnya? Atau 9 planet itu sudah dihuni alien?  (space/NASA/dailymail/telegraph/fhr/sam)

Pesawat luar angkasa Kepler. Foto: NASA

 

Struktur Mirip Bumi

Umumnya, jarang sekali ada planet yang struktur pembentuknya dan udara di dalamnya memungkinkan buat dihuni makhluk hidup selain Bumi. Ada yang terlalu panas, terlalu dingin, atau bahkan cuma berbentuk gumpalan gas tanpa batuan.

Menurut NASA, agar suatu planet bisa dihuni harus terbentuk dari batuan, kandungan dari karbon dioksida yang stabil, serta suhu yang kira-kira sama dengan Bumi. Dari syarat-syarat itu lah nantinya bisa tercipta cairan, sumber kehidupan biota.

Diantara 9 planet kandidat, salah satu yang paling menjanjikan dan memenuhi syarat-syarat di atas adalah Kepler 186f. Waktu orbit dengan bintangnya 130 hari, maka lebih dekat daripada jarak Bumi-matahari yang waktu orbitnya 365 hari. meski dekat dengan bintang pusat orbitnya, suhu Kepler 186f nggak jauh beda dengan suhu Bumi. Sebab, ukuran bintang planet itu pun hanya separuh dari matahari.

 

Foto: NASA

 

Bisa kah Jadi Tempat Tinggal Manusia?

Hasil pengamatan Kepler Mission menyatakan bahwa struktur daratan planet-planet itu memungkinkan terciptanya cairan. Hal itu belum bisa dipastikan karena Kepler melakukan pengamatannya dari jarak yang begitu jauh.

Kalau mau hasil yang akurat, mungkin NASA perlu benar-benar ngirim astronot ke masing-masing planet itu. Planet kandidat terdekat Kepler berjarak 11 tahun cahaya dari Bumi. Kalau pun ada astronot yang mau, dengan teknologi sekarang waktu tempuh kesana butuh 200.000 tahun! Wah…

“Tujuan utama pencarian kami adalah untuk mendeteksi cahaya dari planet luar yang bisa dihuni dan menganalisis jika ada oksigen, karbon dioksida, dan metana. Karena unsur-unsur itulah yang mengindikasikan  ekosistem biologis,” tutur Dr. Paul Hertz, Direktur Divisi Astrofisika NASA, dilansir dari Telegraph.

 

Alien, Apakah Ada?

Dengan alam semesta yang begitu luas, mungkin aneh kalau nggak ada kehidupan lain di luar Bumi. NASA menyatakan terdapat 1300 planet yang telah mereka temukan. Setengah dari jumlah itu ialah planet berbatu seperti  Bumi. Hasil Kepler Mission memang memberi harapan dan titik terang, tapi hasil itu belum fix. Saat ini manusia sudah mengirimkan berbagai sinyal ke luar angkasa buat berkontak sama alien loh. Sayangnya, belum ada balasan.

Terkait hal ini, astro-fisikawan terkenal Stephen Hawking malah memperingatkan manusia supaya waspada dalam mencari alien. “Adanya kehidupan cerdas selain manusia sangat mungkin. Tapi kita tidak tahu, barangkali teknologi mereka jauh lebih canggih dari kita. Sebagian dari mereka juga mungkin nomaden, mengkoloni planet satu ke planet yang lain.”

Serem juga ya, udah kayak di film-film Star Wars aja. Jadi, mungkin kah planet-planet Kepler adalah tempat tinggal mereka?.

RELATED ARTICLES

Please read the following article