Are You a Zetizen?
Show Menu

Internship Jakarta Mulai Masuki Project Kedua

Zetizen Zetizen 18 Jun 2016
Internship Jakarta Mulai Masuki Project Kedua

  

Zetizen Squad jakarta usai seru-seruan di 2nd project. Foto: Kristian/Zetizen Team

 

Zetizen.comInternship Class jakarta kembali melanjutkan agendanya. Kemarin (17/6), 2nd project squad writer dan social media dilaksanakann di sekitar Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Project kali ini mengharuskan peserta untuk memberikan 10 pertanyaan ke 10 pengunjung. Jumlah zetizen squad yang mencapai 13 orang pun dibagi menjadi 2 tim, yaitu tim A dan tim B. Kedua tim ini membahas tema yang berbeda lho. Tim A membahas tentang simbol di Jakarta, sedangkan tim B seputar tempat bersejarah di Jakarta. Mengapa soal Jakarta? Yes, karena beberapa hari lagi kota jakarta akan merayakan ulang tahunnya, guys!

 

Faisal Ash Shiddiq, Redaktur Zetizen memberi arahan saat gladi resik. Foto: Kristian/Zetizen Team

 

Sebelum berangkat ke GBK, peserta diharuskan mengikuti gladi resik di ruang redaksi JPNN, Graha Pena Jawa Pos. Gladi resik ini dimulai pukul 15.00 WIB dan dibuka dengan sambutan hangat Faisal Ash Shiddiq selaku Redaktur Zetizen Jawa Pos.

Antusiasme besar ditunjukkan peserta. Hal ini dilihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan ke dua jurnalis Zetizen yaitu Ferrry Sandi dan Vera Khairifah. Nggak cuma itu, peserta juga bersemangat untuk menirukan bagaimana cara mengajukan pertanyaan ke narasumber serta mengambil data dari sebuah liputan. Gladi resik berakhir tepat pukul 15.30 WIB, selanjutnya peserta berangkat menuju lokasi liputan di GBK.

Sesampainya di GBK pukul 16.08 WIB, Tim A dan tim B mulai berpencar untuk mencari narasumber yang diinginkan.  Ternyata, pencarian narasumber ini nggak mudah lho. Pasalnya, saat sampai disana, kondisi GBK nggak seramai biasanya. Maklum, saat itu baru selesai hujan. Tapi hal tersebut nggak mematahkan semangat peserta untuk tetap mencari informasi. Salut deh!

 

Salah satu Zetizen Squad sedang asyik mewawancarai narasumber. Foto: Faisal/Zetizen Team

 

Banyak cara dilakukan zetizen squad demi mendapatkan narasumber yang diinginkan. Mulai mendatangi tempat berkumpul narasumber, hingga menghentikan aktivitas narasumber yang sedang olahraga. Satu persatu pertanyaan diberikan. Namun dari 10 pertanyaan, rata-rata narasumber hanya bisa dijawab sebanyak 2-3 kali aja. Bahkan ada juga yang nggak bisa menjawab keseluruhan. Kebanyakan dari mereka nggak mengetahui apa nama dari tempat bersejarah di Jakarta, dan ada juga yang nggak tahu kapan ulang tahun Jakarta. Waduh! Hal ini terlihat dari jawaban narasumber. Salah satunya oleh Chiko (15), siswa SMP Tarakanita 3. “Aku cuma tau ulang tahun jakarta itu Juni tapi kalo tanggalnya lupa,” ujarnya sambil tersenyum malu.

Setelah memutari GBK sebanyak satu kali putaran, finally zetizen squad berhasil mendapatkan 10 narasumber yang memiliki aktivitas berbeda. Ada yang sekedar olahraga, ngabuburit hingga berkumpul dengan komunitasnya. Eits, tapi 2nd project ini tentu aja belum selesai karena peserta harus membuat berita dari hasil wawancara tersebut. Selesainya liputan, peserta bersama crew Zetizen buka puasa bersama di pelataran food court GBK.

Seru kan liputan untuk 2nd project kali ini? Kira-kira gimana ya kelanjutannya? Tetap ikuti update-an selanjutnya ya! (qra/fer)

RELATED ARTICLES

Please read the following article