Zetizen.com - Kamu bisa mencoba body combat biar nggak malas berolahraga. Nggak hanya bikin pikiranmu adem, jenis aerobic class itu juga bakal bikin tubuhmu makin fresh dengan gerakannya yang superenergik dan nggak ngebosenin.

Keunikan body combat terletak pada variasi gerakan yang menggabungkan berbagai seni bela diri dari berbagai negara. Satu set gerakannya terdiri atas gerakan sederhana dari taekwondo, boxing, thai chi, jiu jitsu, kungfu, muay thai, hingga karate. Karena itu, gerakan body combat nggak bisa dilakukan sembarangan, tapi harus didampingi instruktur. ’’Gerakan body combat memanfaatkan tempo gerakan yang cepat dan energik. Makanya, diperlukan pendampingan bagi pemula yang baru mencoba biar nggak cedera,’’ jelas Puti Ayu Lestari, instruktur body combat di Celebrity Fitness Surabaya.

Meski body combat menggunakan gerakan martial arts, don’t worry be happy. Sebab, kita nggak perlu melakukan adu fisik dengan peserta body combat lain kok. By the way, gerakan dan musik pengiring body combat di seluruh dunia dibuat dan ditetapkan Les Mills sebagai founder-nya. That’s why, profesional instruktur pun nggak bisa sembarangan mengubah gerakan body combat. Pihak Les Mills memperbarui gerakan setiap set setiap tiga bulan sekali. Hingga saat ini, terdapat lebih dari 60 set track gerakan body combat. Dalam satu set track, ada 10 jenis gerakan dibalut entakan musik yang bikin semangat.

Body combat diawali dengan pemanasan, combat, power training, dan diakhiri dengan cooling down. Satu set track paling lama 55 menit. ’’Meski kurang dari sejam, body combat udah menghasilkan banyak keringat karena gerakannya sangat energik. Jadi, udah cukup banyak kalori yang dikeluarkan,’’ ungkap Puti. Yaps, sekali sesi body combat mampu membakar 600–700 kalori. ’’Kalau body combat rutin dilakukan, postur tubuh pun seimbang,’’ tutur Puti. (cak/c14/adn)

Share
Create Your Own Article!