Zetizen.com - Welcome home, Scott Kelly! Setelah tinggal hampir satu tahun penuh, atau tepatnya selama 340 hari di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), Astronot Amerika Scott Kelly akhirnya kembali ke bumi. Bersama dengan kosmonot rusia Mikhail Kornienko, keduanya bergabung dengan kosmonot Sergey Volkov dalam kapsul Soyuz TMA-18M yang telah berhasil membawa mereka mendarat dengan selamat di Zhezkazgan, Kazakhstan pada pukul 11.45 waktu setempat.

Pendaratan mulus tersebut terjadi hampir tiga jam setelah keberangkatan ketiganya dari ISS pada pukul 8.20 pagi. Sebelum akhirnya sampai di bumi, ketiganya menjalani serangkaian prosedur re-entry (kembali masuk atmosfer) yang cukup menegangkan.  Setelah lepas dari ISS, kapsul Soyuz melakukan deorbit burn selama 4 menit 49 detik. Maneuver tersebut lah yang membawa kapsul Soyuz meluncur kembali kedalam atmosfer bumi dengan terkontrol. Selanjutnya, bagian luar kapsul akan terbakar di bagian atas atmosefer bumi sebelum akhirnya parasut pendaratan terbuka di 30 menit terakhir penerbangan untuk memperlambat kecepatan hingga mendarat dengan selamat. Begitu sampai di bumi, ketiganya langsung disambut oleh tim Search and Rescue yang langsung mengamankan mereka dan membawanya ke pusat rehabilitasi.

Khusus untuk Scott Kelly, pendaratan kali ini bisa jadi yang paling spesial. Soalnya, nggak hanya berhasil mendarat dengan selamat, dirinya juga berhasil memecahkan rekor sebagai orang amerika yang pernah tinggal paling lama di luar angkasa. Dengan total 180 hari dari penerbangan sebelumnya dan 340 hari dari One Year Mission yang baru saja diselesaikannya, ia membukukan total 520 hari penerbangan luar angkasa.

 

Meski berhasil memecahkan rekor, One Year Mission yang dijalankan Kelly sendiri punya tujuan yang jauh lebih penting. Misi tersebut merupakan usaha NASA, badan antariksa Amerika Serikat untuk mempelajari bagaimana tubuh manusia beradaptasi dalam jangka waktu lama di luar angkasa. Nantinya, hasil penelitian itu akan digunakan NASA untuk merancang misi masa depan mereka yakni mengirim manusia ke planet Mars untuk pertama kalinya dengan aman.

Meski punya misi yang begitu penting, tinggal dalam waktu lama di ISS sejak diluncurkan pada 28 Maret 2015 tersebut ternyata tetap membuat Scott merasa bosan. Akhirnya, terciptalah ide-ide kreatifnya untuk mengisi waktu luang. Seperti, bermain tenis meja atau pingpong. Bahkan, ia juga pernah memainkan pingpong dengan menggunakan butiran air sebagai bola nya. Selain itu, ia juga menanam bunga dan sayuran untuk mempelajari sifat tanaman di luar angkasa, serta mengobservasi reaksi dari cairan yang dilemparkan ke ruang hampa udara.

Scott Kelly merekam seluruh aktivitasnya dengan menggunakan kamera ber definisi ultra tinggi dengan resolusi 4K. Semua hasil rekaman dan foto foto yang diambilnya tersebut diunggahnya ke YouTube dan Twitter. “Perjalanan ini belum berakhir. Sampai jumpa dibawah!” tulis Kelly dalam akun Twitternya yang di posting sebelum meninggalkan ISS pagi tadi. (bs/dhs/giv)

 

 

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!