Zetizen.com – Yipiie! Zetizen team berhasil ketemu sama Yusuf Adam(@adamsaysmusic). Selain ngobrol banyak tentang serba-serbi jadi content creator, kami juga diajak mampir ke studio mini yang ada dirumahnya. Yuk kita intip cara kerjanya. Keep scrolling to find all his tips!

Yusuf Adam (@adamsaysmusic) saat membuat creative content di studio mininya

GAIN NEW IDEAS

Ada perbedaan dalam proses memperoleh ide untuk foto pribadi dengan foto komersil. Untuk foto pribadi, biasanya ide udah muncul dari waktu yang lama. Biasanya, di dalam pikiran sudah ada bayangan konsep dan warna foto mau seperti apa. Imajinasi tersebut tinggal direalisasikan dalam karya! Berbeda dengan foto komersil yang harus mengkombinasikan antara ide sendiri dengan keinginan klien.

CARI PROPERTI YANG MURAH MERIAH

Kuncinya, cari tempat jual material termurah untuk properti foto kita! Toh, properti tersebut umumnya hanya 1-2 kali pakai. Untuk menghemat biaya, nggak perlu mahal-mahal kok.

BUILD YOUR OWN PROPERTY

Kak Adam biasanya membutuhkan waktu 4-5 hari untuk mengerjakan sendiri propertinya. Mulai dari membuat pola bangunan dari kardus bekas, mengecat brokoli, hingga melukis gitar yang bisa makan waktu seminggu! Urusan warna memang sangat krusial untuk Kak Adam sehingga ia mengerjakan sendiri semuanya.

PHOTOSHOOT!

Saatnya jepret! Kata Kak Adam, step ambil foto ini justru menjadi step yang termudah karena hanya makan waktu 1 – 2,5 jam. Untuk memotret satu objek dengan satu konsep, biasanya ia akan ambil 50-200 shot dengan satu shot terbaik lah yang akan di posting ke Instagram. “Flat lay paling susah! Miring sedikit, foto udah kayak jurang,” katanya. Oya, saat ini kak Adam menggunakan Canon 550D.

TOUCH AND RETOUCH

Edit foto bertujuan untuk mencari warna yang ‘enak’ dipandang mata. Kak Adam biasa gunakan Adobe Photoshop untuk menghilangkan noise, mastering di VSCO, lalu finishing touch lagi di Photoshop. Proses edit minimal 6 jam.

JANGAN LUPA CAPTION

Foto udah cakep, rasanya kurang kalau captionnya standar aja. Konsisten menggunakan caption berbahasa Inggris, Kak Adam rajin membaca berbagai teks bahasa inggris untuk menambah vocabulary-nya.

“Nggak perlu kamera mahal untuk menghasilkan foto yang bagus. Kuncinya adalah bagaimana cara kita memanipulasi keadaan yang biasa menjadi luar biasa” - Yusuf Adam

 

Naskah: Mesha Zetizen Team
Foto: Gilang Zetizen Team
Share
Create Your Own Article!