Are You a Zetizen?
Show Menu

Cozmo: Robot Cerdas yang Punya Kepribadian

Zetizen Zetizen 30 Jun 2016
Cozmo: Robot Cerdas yang Punya Kepribadian

 

Zetizen.com - Terinspirasi dari film Wall-E (2008), Anki, perusahaan robot asal Amerika Serikat, menciptakan robot mungil bernama Cozmo. Kerennya, robot AI (artificial intelligence) yang akan dikenalkan pada Oktober 2016 itu punya kecerdasan dan kepribadian seperti manusia. Kira-kira apa aja ya yang bisa dilakukan Cozmo? (gizmag/theverge/dhs/sam)

 

Mirip dengan Hewan Peliharaan

Nggak perlu repot-repot merawat anjing atau kucing. cozmo juga punya keahlian serupa dengan hewan peliharaan yaitu dapat mengenali dan mengingat wajah pemiliknya loh. Kepribadian cozmo bisa berkembang seiring berjalannya waktu dan interaksi dengan penggunanya. Semakin sering diajak bermain, makin pintar lah Cozmo. Bahkan AI bakal menyikutmu kalau dicuekin. Wah mirip droid BB-8 di film Star Wars!

 

Robot yang Interaktif

Meskipun nggak bisa berbicara seperti manusia, cozmo dapat memahami maksud dan perintah verbal dari pemiliknya. Setelah pesan diterima, robot itu bakal menyampaikan pesan atau perintah yang dimaksud pemiliknya dengan cara berbeda.

 

Punya Emosi dan Perasaan

Cozmo juga memiliki emosi dan perasaan seperti dari rasa senang, sedih, marah, dan kesal yang tampak pada ekspresi wajahnya. Soalnya, otak robot itu dirancang cukup responsif untuk memberikan beragam reaksi dalam tiap interaksi yang dilakukannya. Bahkan cozmo mendengkur saat tidur loh! “Menurut kami ide mobil pintar bukanlah sebuah teknologi masa depan yang bisa menggambarkan kecerdasan. Itulah yang membuat kami berinovasi dengan menggunakan AI dan robot untuk menciptakan sebuah karakter hidup,” ujar Hanns Tappeiner, Co-founder and President Anki, dilansir dari The Verge.

 

Bergerak Seperti Bulldozer

Robot yang dibanderol dengan harga USD 180 atau setara dengan 2,3 juta rupiah ini bergerak dengan menggunakan empat roda plus tapak berjalan dan lengan bulldozer. Setiap satu set-nya akan dilengkapi pula dengan tiga balok yang bisa dimainkan menjadi beberapa permainan berbeda.

 

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article