Are You a Zetizen?
Show Menu

4 Tips Move On Dari SBMPTN

Zetizen Zetizen 30 Jun 2016
4 Tips Move On Dari SBMPTN

 

Zetizen.com - Pengumuman SBMPTN baru aja dirilis. Buat kalian yang keterima, congratulation ya! Tapi untuk kamu yang belum beruntung, nggak ada alasan untuk nyerah kok. SBMPTN bukan akhir dari segalanya. Coba deh, terapin tips berikut supaya kamu move on dari “SBMPTN madness” ini. Check this out!

 

Incar PTN Lewat Jalur Ujian Berbeda

Selain SBMPTN, banyak ujian masuk yang bisa kamu ikuti. Kesempatan untuk kuliah di perguruan tinggi negeri bisa kamu dapatkan lewat ujian mandiri dan Ujian Masuk Bersama PTN (UMBPTN). Biasanya ujian mandiri diselenggarakan oleh masing-masing PTN dengan jadwal yang berbeda.  Cek jadwalnya di situs tiap PTN, seperti Universitas Andalas Padang (http://pmb.unand.ac.id/), atau Universitas Negeri Jakarta (http://penmaba.unj.ac.id/). Sedangkan UMBPTN adalah ujian masuk beberapa PTN. Tahun ini, UMBPTN membuka pendaftaran online sejak 16 Mei sampai 22 Juli 2016 di www.penerimaan.spmb.or.id.

 

Coba Ujian PTK

Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang berada di bawah Kementrian Pemerintah bisa jadi opsi lain. Meskipun nggak semua PTK menjamin ikatan kerja atau dinas, tapi lingkungan pekerja di Kementrian yang professional bisa jadi nilai plus buat kamu. Misalnya, Politeknik Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta yang berada di bawah Kementrian Perindustrian. PTK ini membuka ujian tertulis pada 6 Juni hingga 22 Juli mendatang. Cek info nya di http://pmb.poltekapp.ac.id/

 

Buka Mata dan Cari Peluang Lain

Yep, kamu nggak boleh terpaku dengan satu perguruan tinggi. Sebab, banyak kok Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang memiliki grade dan kualitas oke. Pilih jurusan sesuai passion kamu, dan tentukan PTS yang tersedia. Di antaranya Binus University (http://www.binus.ac.id/), Universitas Al-Azhar Indonesia (http://penerimaan.uai.ac.id/), Universitas Media Nusantara (http://umn.ac.id/), atau ikut Ujian Masuk Bersama PTS di https://penerimaan.spmb.or.id/informasi/umbpts.

 

Menunggu dan Persiapkan Diri

Masih penasaran dengan PTN impianmu? Well, sebagian orang emang kerap memilih untuk ikut ujian SBMPTN di tahun depan. Tapi, kamu juga harus persiapkan diri dengan baik. Coba deh, ikut bimbingan belajar yang membantu persiapan ujian jadi lebih matang. Sambil menunggu kesempatan di tahun depan, kamu bisa ikut kursus di bidang yang kamu suka. Dengan mengikuti kursus itu bisa menambah keahlian kamu di suatu bidang.

The point is, nggak perlu putus asa ketika kamu gagal. Masih banyak kok jalan menuju Roma. Tetap semangat ya, guys! (hth/ver)

Save

RELATED ARTICLES

Please read the following article