Zetizen.com – Kayak kebanyakan kamera, action cam pun juga punya berbagai aksesori pendukung. Salah satu yang paling populer adalah Dome Port. Aksesori berbentuk kubah kaca ini seringkali digunakan untuk menghasilkan foto dalam air yang keren. Sayangnya, harga dome port seringkali dianggap kemahalan tuh buat kantong anak sekolah. Tapi nggak usah khawatir, karena Dome Port ternyata juga bisa dibuat sendiri kok! Penasaran? Simak langsung aja yang berikut ini.  (afr/c23/rat/giv)

 

Alat dan Bahan:

  • Gunting
  • Cutter
  • Case CCTV berlensa cembung
  • Lem akuarium
  • Double tape foam
  • Balon

 

Cara Membuat:

  1. Lem seluruh rongga pada case CCTV agar nggak ada air yang menembus melalui sela-sela case CCTV tersebut. Tunggu hingga 30 menit agar lem berubah menjadi silikon padat.
  2. Buatlah perekat action cam pada bagian alas case CCTV dengan bantuan double tape foam. Selain sangat rekat, double tape foam sangat mudah dipasang dan dilepas. Jadi, kamu nggak perlu khawatir kehabisan banyak foam kalau percobaan awalmu gagal. Lalu, pasang action cam-mu pada perekat itu.
  3. Setelah terpasang dengan benar (pastikan posisi lensa action cam tepat di tengah Dome Port), pasang kembali case CCTV. Kemudian, balut titik pembuka case tersebut dengan double tape foam.
  4. Gunting sebuah balon untuk melapisi bagian belakang case CCTV. Dengan penambahan double tape foam (step ke-3), balon bisa menempel lebih erat dan dapat mengantisipasi terlepasnya balon saat Dome Port di dalam air.
  5. Setelah selesai, coba rendam Dome Port-mu selama beberapa saat. Kalau nggak ada titik kebocoran, Dome Port buatanmu berhasil dan siap digunakan.

 

Buat yang masih kurang jelas, nih simak video pembuatannya langsung!

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!