Are You a Zetizen?
Show Menu

Peran Movie Composer dalam Membangun Suasana Film

Zetizen Zetizen 12 Jul 2016
Peran Movie Composer dalam Membangun Suasana Film

Zetizen.com – Mungkin belum banyak yang tahu bahwa dalam proses produksi film ada peran movie composer yang sangat penting. ­Movie composer bertanggungjawab atas semua urusan audio dalam film, baik dialog, soundtrack maupun backsound scene. Semua yang dikerjakannya bertujuan untuk membangun suasana dalam adegan film. Yuk kenalan dengan salah satu movie composer asal Surabaya, Samuel Respati.

 

Samuel Respati di studionya. Foto: Hafidz Zetizen Team

 

Meskipun baru memulai karir pada 2010, nama samuel respati cukup dikenal di kalangan pegiat film indie. Dia terlibat sebagai music composer untuk film indie pada ajang LA Lights Indie Movie, Ring of Fire Adventure produksi Metro TV, hingga mengisi musik untuk video company profile perusahaan top dalam negeri seperti Holcim, Eiger dan Pertamina. Bahkan pada 2015, dia berperan sebagai movie composer dan sound designer untuk film The Journey of Sarah and Hidetoshi produksi Google dan kementerian Pariwisata Indonesia. Buat kamu yang masih penasaran karya Samuel Respati, bisa disimak dalam video berikut.

 



Pengin tahu kayak gimana karir seorang movie composer? Berikut tanya jawab Samuel dengan Zetizen Team! (aw/sam)

 

Apa aja sih tugas movie composer?

Seorang movie composer bertanggung jawab untuk mengisi suara dalam film. Mereka nggak Cuma mengurusi dialog antarpemain dan cover musik aja. Melainkan mixing dan mastering bahkan sound design.

 

Langkah pertama berkarir sebagai movie composer?

Dari dulu aku emang suka musik sih. Tapi pertama kali ada profesi movie composer itu saat SMP pas nonton Fantasia 2000 (1999). Aku baca bahwa ternyata ada orkestra yang terlibat dalam film itu. Dari situ aku mulai tertarik. Suatu hari ketika aku main piano di rumah ada orang lewat depan rumah terus dengar. Eh ternyata sutradara LA Lights Indiefest dan ditawari jadi tim produksi film.

 

Apa sih yang dibutuhkan sebagai movie composer?

Yang paling penting adalah imajinasi, referensi, dan juga perbendaharaan ide. Soalnya saat berdiskusi sama sutradara yang digunakan adalah kata-kata kunci yang bisa membangun ide. Movie composing adalah dunia kolaborasi, bukan melulu soal ide yang bagus atau nggak. Jadi harus ada komunikasi dua arah dengan sutradara.

Selain itu laptop aja sebenarnya udah cukup sebagai tool. Soalnya udah banyak software yang bisa meniru suara orkestra, baik tinggi-rendah maupun jauh-dekatnya suara. Namun, kalau alatnya makin lengkap, nyari ide juga makin cepat. So, klien juga makin percaya sama kita.

 

Tantangannya seperti apa?

Buat jadi movie composer ini mentalnya harus kuat karena profesi ini salah satu profesi yang jarang dan orang masih meremehkan. Dulu fee movie composer itu sekitar 10 persen dari yang didapatkan videographer. Nah, tantangannya adalah buat menjelaskan bahwa suara itu penting dalam storytelling. Jadi gimana caranya membuktikan bahwa musik itu berperan dalam membangun suasana film.

 

Inspirasi dapat dari mana?

Sebagai movie composer, butuh kreativitas tinggi sehingga bisa dapat inspirasi darimana aja misalnya dulu aku pernah buat efek suara orang nyelem trus gadapet suara nyelem itu gimana ternyata setelah dari kamar mandi suara flush dari wc itu justru yang cocok buat scene orang nyelem tadi.

RELATED ARTICLES

Please read the following article