(foto: pcadvisor)

 

Zetizen.com – Berbeda dengan konsol yang siap pakai, performa gaming sebuah PC sangat bergantung pada komponen yang ada didalamnya. Semakin kuat dan semakin cepat komponen maka kemampuan gaming akan relatif lebih baik. Nah, buat yang pengin ngerakit PC gaming namun dengan budget terbatas, pastikan hal hal berikut ini jadi perhatianmu. (pcgamer/aw/giv)

 

Processor

(foto: create.pro)

Untuk PC gaming low-budget, prosesor nggak perlu terlalu jadi fokus utama. Kenapa? Karena rata rata prosesor entry level udah bisa mengakomodasi kebutuhan casual gaming. Namun, untuk menjamin komputermu mampu menjalankan sebagian besar game, pilih lah prosesor dengan dua core atau lebih. Untuk range low-budget, seri Intel Core i3 atau AMD Phenom II X2 – X4 bisa jadi pilihanmu.

 

Motherboard

(foto: anandtech)

Setelah memilih prosesor, kamu juga perlu mencari mainboard (motherboard) yang mampu mengakomdasi soket prosesor pilihanmu. Nah, karena harga mainboard ini sangat beragam, pastikan kamu nggak memilih mainboard yang terlalu mahal dengan terlalu banyak socket yang sebenarnya nggak kamu butuhkan. Carilah mainboard dengan chipset ekspress macam H61 atau H81 dengan socket PCI-e dan 2 atau lebih socket RAM.

 

Graphic (GPU)

(foto: techradar)

Salah satu pembeda gaming PC dengan PC standar lainnya tentu terletak dibagian prosesing visual. Iya, GPU alias kartu grafik ini wajib kamu beli untuk bisa menjalankan berbagai game terbaru. Namun, karena budgetmu terbatas, pilihlah seri GPU entry level. Harga GPU semacam ini biasanya berkisar 1 jutaan. Namun, kalau ingin memaksmalkan kualiats grafik, kamu bisa coba ambil gaming GPU entry level macam NVIDIA GeForce GTX 750Ti atau AMD Radeon R7 270x dengan harga 2 jutaan.

 

Memory (RAM)

(foto: ebay)

Selain kartu grafik, keterseidaan memori juga mempengaruhi performa gaming mu. Makanya, kalau kamu punya dana lebih dan motherboadmu juga support, kamu bisa coba ambil memori RAM jenis DDR4 yang lebih cepat dan hemat daya. Namun, kamu juga tetap bisa memilih RAM DDR3 yang udah banyak tersedia dengan harga lebih murah. Ohiya, pastikan jumlah memorimu minimal 4GB untuk menghindari bottleneck dengan perangkat lainnya.

 

Hardisk

(foto: expertreview)

Untuk media penyimpanan, saat ini kita mengenal dua jenis perangkat. Yakni SSD yang sangat cepat namun mahal dan berkapasitas kecil, dan HDD yang berkapasitas besar, relatif lebih murah namun juga lebih lambat. Nah kalau budgetmu terbatas, ambil saja storage jenis HDD. Namun pertimbangkan untuk memilih yang berkonfigurasi SATA dengan kecepatan baca 5400RPM atau lebih yaa.

 

Powersupply dan Case

(foto: corsair)

All and all, untuk mentenagai seluruh perangkatmu, pastikan kamu udah membaca spec sheet daya masing masing dan memilih power supply yang cocok. Rata rata perangkat gaming entry level biasanya cukup ditenagai PSU berkapasitas 450 – 500 watt. Namun, selalu pastikan kalau PSU yang kamu gunakan itu dayanya rated dan bukan up to untuk menjamin sistem mu berjalan sempurna dan nggak cepat rusak.

Share
Create Your Own Article!