Are You a Zetizen?
Show Menu

Juno, Wahana Tanpa Awak Tercanggih NASA Berhasil Mengorbit Jupiter

Zetizen Zetizen 16 Jul 2016
Juno, Wahana Tanpa Awak Tercanggih NASA Berhasil Mengorbit Jupiter

 

“You’re the best team ever! We just did the hardest thing NASA has ever done.” - Scott Bolton, Ketua Investigator Misi juno ketika juno berhasil memasuki orbit Jupiter.

Zetizen.com - Sejak 4 Juli kemarin planet jupiter kedatangan pesawat penjelajah dari Bumi bernama Juno. Pesawat tanpa awak buatan Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, ini disebut-sebut sebagai pesawat antariksa yang paling dibanggakan loh. Selain karena merupakan wahana khusus pertama yang berhasil singgah di planet ke-5 dari Matahari ini, juno juga punya kelebihan lain yang nggak pernah dimiliki pesawat antariksa sebelumnya. Apa aja ya? (nasa/gizmodo/dhs/sam)

 

Pesawat Antariksa Tercepat

Juno memiliki kecepatan mencapai 257.495 km/jam selama ia mengarungi luar angkasa kurang selama lima tahun terakhir. Itulah yang menyebabkan peswat antariksa satu ini disebut sebagai pesawat antariksa tercepat yang pernah dibuat manusia dan dicatat di Guiness World Records. Selain itu, juno juga dapat menyesuaikan kecepatan agar melambat selama berada di orbit Jupiter.

Tim NASA dibalik kesuksesan Juno

 

Bergerak dengan Tenaga Surya

Dengan bentuk seperti baling-baling dan dilengkapi tiga panel surya, pesawat antariksa yang memiliki berat 4 ton ini menggunakan tenaga surya loh. NASA membekalinya dengan 20 ribu sel tenaga surya dan panel surya berukuran 9 meter yang mampu mengubah sinar matahari jadi sumber daya bahan bakar.

 

Fokus di Kutub Jupiter

Juno dikirim untuk mempelajari secara menyeluruh kutub magnet dan kutub gravitasi Jupiter, serta magnetosfer di sekitarnya. Nah, supaya bisa melakukan tugasnya itu, pesawat ini harus masuk ke orbit kutub Jupiter. Sehingga, nantinya bisa mengungkap kandungan air Jupiter, menentukan kebenaran hipotesis pembentukan sejumlah komponen ilmiah di sana, dan menyelesaikan penelitian secara menyeluruh tentang atmosfer planet.

RELATED ARTICLES

Please read the following article