Zetizen.com – Meski sama sama buku bergambar, ternyata ada loh perbedaan diantara illustrated book, picture book dan graphic novel. Iya, selain struktur tulisan dan gambarnya, perbedaan berikut ini juga menentukan. Apa aja sih? (aw/giv)

 

Vs Picture Book

foto: education

 

Masih inget ngga dengan buku bergambar kalian waktu anak-anak dulu? Nah, buku bergambar itulah yang disebut picture book. Bentuknya sih emang mirip sama illustrated book. Tapi ada beberapa perbedaan yang pasti bakal kalian sadari begitu membacanya.

Picture book biasanya ditujukan untuk anak-anak yang baru bisa belajar membaca. Tujuannya supaya mereka lebih tertarik untuk membaca buku tersebut. Biasanya picture book disertai gambar berukuran besar atau malah hanya berisi gambar di satu halamannya. Sebab, dalam picture book, gambar berperan penting dalam penggambaran suatu cerita.

Nah kalo illustrated book punya artwork yang biasanya lebih bagus dan berseni. Hal ini karena illustrated book banyak menggunakan artwork original untuk mendukung penggambaran ceritanya.

Contoh illustrated book itu kayak Story for Rainy Days karya Naela Ali atau #88 love story nya Diana Rikasari.

Sementara picture books biasanya banyak dipakai kisah anak-anak klasik macam Three Little Pigs karya Jon Sciezka atau Madeline karya Ludwig Belmemans

 

Vs Graphic novel

foto: kinderbooks

 

Nah illustrated book sebenernya lebih mirip ke graphic novel daripada karya buku bergambar lain. Bedanya, graphic novel biasanya merupakan remake dari novel-novel terkenal sebelumnya yang tidak memuat artwork apapun. Novel tersebut dibuat ulang dan disisipi artwork.Contohnya kayak The Hobbit dan The Adventure of Tom Sawyer yang masing-masing udah punya graphic novel.

Selain itu artwork dalam illustrated book dan graphic novel biasanya sama sama berkualitas. Sebab, keduanya biasanya sama sama memanfaatkan artwork yang memang diciptakan khusus untuk novel tersebut.

Ohiya, illustrated book punya keunggulan lain, yakni relatif lebih tipis. Soalnya, illustrated book biasanya hanya berkisar dibawah 50 halaman untuk satu cerita. berbeda sama graphic novel yang biasanya punya tebal beratus-ratus halaman kayak novel pada umumnya.

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!