Are You a Zetizen?
Show Menu

5 Manfaat Hiking yang Bikin Sehat dan Bahagia

Zetizen Zetizen 20 Jul 2016
5 Manfaat Hiking yang Bikin Sehat dan Bahagia

Zetizen.com - Hiking? Mungkin sebagian dari kamu lebih memilih santai di rumah daripada melakukan kegiatan yang melelahkan ini. Udah bawa beban berat, eh masih lewat jalanan menanjak. Padahal, di balik ribetnya persiapan dan kesusahan itu, hiking membawa banyak dampak positif loh.

 

Menguatkan Pernapasan

Jalan menanjak yang kamu tempuh selama hiking memaksa pernapasanmu jadi lebih kuat loh. Terlebih, makin tinggi suatu daratan maka udara juga makin tipis. Artinya pernapasanmu jadi sering dilatih.

Tapi nggak cuma bikin “sengsara” paru-paru aja, sebaliknya udara jernih di pegunungan secara ilmiah juga memberimu oksigen yang fresh dan tidur yang berkualitas, sesuatu yang sulit dirasakan di kota.

 

Menguatkan Otot

Ikut fitness di gym masih relatif mahal buat sebagian orang. Jangan khawatir, alam juga nyediain tempat “fitness” kok. Contohnya gunung. Dengan hiking, sebenarnya kamu sama aja dengan latihan aerobic. Makanya hiking juga bermanfaat bikin otot lebih kuat. Bahkan organ dalam kayak hati, paru-paru, dan peredaran darah juga jadi lebih kuat.

 

Membakar Kalori

Kamu gendut tapi males olahraga? Nah, hiking bisa jadi solusi buatmu. Pada praktiknya, hiking emang lebih capek dari olahraga biasa. Tapi dengan melewati alam yang indah sambil bercanda sama teman, serta “terpaksa” banyak gerak biar nggak kedinginan, pasti banyak deh kalori yang terbakar waktu hiking! Win-win solution banget kan?

 

Pemandangan Luar Biasa

Selain berbagai manfaat buat fisik dan kesehatan, hiking tentunya menyajikan pemandangan yang luar biasa. Yep, umumnya inilah tujuan utama orang-orang mendaki gunung. Melihat sunrise yang luar biasa dari puncak gunung jadi pengalaman yang nggak terlupakan. Nggak kerasa capek deh!

 

Merekatkan Persahabatan

Katanya nih, sifat asli temanmu akan terlihat ketika berada di alam. Kamu nggak bakal sempat lagi make up-an, berpura-pura, atau menyembunyikan sifat aslimu. Yang penakut, yang egois, dan yang pemberani semua bakal ketahuan. Di alam, apa yang kamu lihat itu real. Karena itu saat hiking adalah momen di mana kalian bisa saling mengenal secara menyeluruh.

 

Yep, Capeknya mendaki itu pasti terbayar kok. Tentunya kamu harus mempersiapkan kebugaran fisikmu dulu. Work out sederhana seperti jogging, push up, sit up, udah cukup kok untuk persiapan. So, pertimbangkan untuk mencobanya, at least sekali seumur hidup lah. (active/goodhiker/webmd/fhr/sam)

RELATED ARTICLES

Please read the following article