foto: dokumentasi pribadi

Zetizen.com – Kata siapa kuliah di luar negeri itu harus mahal? Buktinya, Dhia Fairus Sofia Fani aja berhasil menempuh studi di Jurusan Political Science, with double concentrations in Economics and Music-nya New York University Abu Dhabi (NYU Abu Dhabi). Semua kegiatan kuliahnya itu ditanggung full scholarship alias gratis! Kok bisa ya? (dhs/giv)

Gimana sih awal ceritanya bisa sampai dapat full scholarship di NYU Abu Dhabi?

foto: dokumentasi pribadi

Ceritanya berawal waktu aku kelas 3 di tahun 2013 lalu. Waktu itu, selain fokus buat Ujian Nasional (UN), aku juga mempersiapkan pendaftaran SNMPTN undangan dengan memilih jurusan Hubungan Internasional di Universitas Indonesia. Sayangnya aku nggak diterima. Saat itulah aku memutuskan buat mencoba daftar program seleksi NYU Abu Dhabi. 

Seleksi NYU Abu Dhabi waktu itu punya beberapa ketentuan dan syarat yang harus dipenuhi. Mulai dari bikin 4 sampai 5 esai, surat rekomendasi dari sekolah, sertifikat TOEFL yang minimal harus 600 sampai sertifikat-sertifikat prestasi atau lomba semasa sekolah. Untungnya, aku berhasil memenuhi semua itu.

Nah, setelah lengkap semua, aku juga harus menjalani interview langsung di Abu Dhabi. Dan alhamdulillah, berhasil mengalahkan 40 ribu pendaftar karena NYU Abu Dhabi hanya menerima 150 anak termasuk aku. Aku juga berhasil mendapatkan beasiswa sebesar 200 ribu USD atau sebesar dua milyar rupiah.

Seluruh persyaratan buat apply ke NYU Abu Dhabi bisa dilihat di website resminya http://nyuad.nyu.edu/en/admissions/applying-to-nyuad/application-requirements.html.

 

Wah, berarti semasa SMA, kak Dhia punya banyak prestasi ya?

Dulu selama bersekolah di SMAN 1 Sidoarjo, aku pernah mengikuti Youth Exchange and Study pada tahun 2011 sampai 2012 lewat Bina Antarbudaya ke Ohio, Amerika Serikat. Dan aku juga bersyukur banget punya beberapa serifikat debat tingkat kota hingga nasional selama sekolah dulu.

 

Kenapa lebih memilih NYU yang di Abu Dhabi?

Soalnya, NYU Abu Dhabi menawarkan beasiswa hingga 100%. Beasiswa yang diberikan itu berasal dari pemerintah Uni Emirat Arab. Selain biaya kuliah, beasiswanya juga mencakup biaya transportasi, berupa roundtrip (pulang-pergi) ke negara asal dua kali dalam setahun.

Dan yang paling mengesankan, setiap mahasiswa NYU Abu Dhabi, sangat dianjurkan untuk study away selama 2 semester di global center-nya NYU yang ada dibeberapa bagian dunia. Misalnya, di NYU Washington D.C atau NYU di Florence dengan biaya penuh ditanggung oleh NYU Abu Dhabi.

 

Oh iya, katanya kak Dhia sempat bikin konser tunggal ya disana?

Dhia saat mengadakan konser tunggal pertamanya (foto: dkumentasi pribadi)

Jadi pada tahun 2014, aku berkesempatan bikin konser tunggal disana yang bertajuk “A Little Bird of You” karena keseharianku yang emang suka bermain musik dan menciptakan lagu. Di konser tersebut, aku membawakan 11 lagu yang aku tulis sendiri dengan dibantu 20 musisi dari berbagai negara di kampusku.

Persiapannya sendiri cukup lama. Sekitar 7 bulan, karena konserku ternyata merupakan konser mahasiswi asal Indonesia pertama yang diadakan di Abu Dhabi. Makanya aku ingin tampilkan yang terbaik.

 

Ini nih salah satu lagu andalan yang ditampilkan.

 

Terakhir, apa nih pesan kak Dhia buat generasi muda sekarang agar bisa berprestasi seperti kak Dhia?

Jangan takut untuk bermimpi setinggi-tingginya dan memiliki cita-cita yang tinggi. Kenali apa yang kalian minati dan gali kemampuan yang dimiliki. Have faith in yourself. Work hard, pray sincerely, and Allah will take care of the rest.

Gimana, Guys? Keren banget kan? Nah, buat yang ingin mengenal dan mengetahui prestasi apa lagi yang pernah di raih kak Dhia Fairus Sofia Fani, bisa cek nih di beberapa sosial medianya!

https://ae.linkedin.com/in/dhiafani

Instagram: @shofiafani

Blog: dhiafani.wordpress.com

Save

Share
Create Your Own Article!