Are You a Zetizen?
Show Menu

Kenapa San Diego Comic-Con Selalu Dinanti?

Zetizen Zetizen 26 Jul 2016
Kenapa San Diego Comic-Con Selalu Dinanti?

Zetizen.com – San Diego Comic-Con (SDCC) 2016 berakhir kemarin (25/7). Antusiasmenya sangat tinggi, yakni sekitar 130 ribu pengunjung untuk tahun ini. Gimana nggak, mereka disuguhi sneak peaks, trailer, sampai premier film dan serial TV. Selain itu, banyak cosplayers yang datang dengan totalitas. Penasaran? Yuk, disimak!

San Diego Comic-Con 2016
Sejak 1995, nama acara ini berubah menjadi Comic-Con International: San Diego (CCI). Tapi, orang-orang masih sering menyebutnya SDCC (San Diego Comic-Con). (Foto: IGN)

 

Awal Mula SDCC

Awalnya, acara bergengsi ini bernama San Diego’s Golden State Comic-Minicon. Acara ini cuma tempat ketemuan para geek penggemar komik (kebanyakan komik Amerika). Diberi nama “minicon” karena berlangsung satu hari, yakni 21 Maret 1970. Saat itu, bintang tamunya adalah aktor Forrest J Ackerman and penulis komik Mike Royer.

Suasana San Diego Comic-Con pada 1973. (Foto: comicconmemories)

 

Nah, dana yang didapat dari sekitar 100 pengunjung dijadikan modal untuk San Diego’s Golden State Comic-Con, yang berlangsung tiga hari (1-3 Agustus 1970). Sejak itu, acara yang diusung lebih kompleks. Mulai dari screening film, dealers’ room, sampai panel diskusi. Pengunjungnya pun semakin banyak.

 

Ajang Pamer Kostum Cosplay

Namanya aja perkumpulan pecinta komik. Jelas aja acara yang resmi bernama San Diego Comic-Con pada 1973 ini dimeriahkan para cosplayers. Mulai dari tokoh komik sampai karakter dari game. Apapun yang lagi tren deh! Ini nih cosplayers paling menarik tahun ini:

 

Pengunjung dengan kostum Elmo, karakter dari Sesame Street. (Foto: Getty Image)

 

Sadness, salah satu karakter dari film Inside Out (2015) (Foto: techinsider)

 

Mau foto-foto sama karakter favoritmu? Ke sini aja! Ha ha ha.

 

Nonton Bareng Pecinta Film

Nonton film kesayangan sama orang yang juga suka itu menyenangkan! Bayangkan, waktu nonton Deadpool (2016), satu studio pakai kostum Deadpool. Pasti kocak banget. Makanya, meski yang diputar nggak selalu film baru, program nobar selalu ramai. Apalagi, film-film yang diputar memang hits pada zamannya. Misalnya, Star Trek 2: The Wrath of Khan (1982), The Rocky Horror Picture Show (1975), dan Maze Runner: The Scorch Trials (2015).

Lokasi screening pilot serial TV Timeless. (Foto: Deadline)

 

Nah, karena pengunjungnya pasti suka film dan serial TV, SDCC juga dijadikan ajang pemutaran pilot (episode pertama) serial-serial TV Amerika. Tahun ini, pengunjung disuguhi serial-serial paling dinanti seperti Riverdale (CW) dan Timeless (NBC). Film baru Joseph Gordon-Levitt, Snowden, juga diputar di sini. Padahal, film itu dirilis September nanti.

Sutradara Oliver Stone, Joseph Gordon-Levitt, Shailene Woodley, dan Zachary Quinto membicarakan film terbaru mereka, Snowden.

 

Ketemu Langsung Artis Kesayangan

Bisa dibilang, panel diskusi adalah acara paling dinanti. Sebab, di sinilah para selebriti Hollywood, sutradara, dan produser berkumpul. Biasanya sih pemain film marvel dan DC bakal datang karena setiap tahun dua perusahaan besar itu selalu punya kejutan. Misalnya, tahun ini marvel mengenalkan Brie Larson sebagai Captain Marvel. Sedangkan DC merilis trailer pertama Justice League (baca selengkapnya di sini).

Para pemain Game of Thrones pada panel diskusi. (Foto: inquisitr)

 

Kejutan belum selesai! Pada panel diskusi film Fantastic Beasts and Where to Find Them, peserta diskusi mendapat tongkat sihir gratis! Tongkat itu digunakan untuk membantu Eddie Redmayne memutar trailer terbaru film paling dinanti itu.

 

 

Selain ngasih kejutan, di panel diskusi ini, pengunjung yang beruntung juga bisa mengajukan pertanyaan ke pembicara. Secara langsung loh! (comic-con/aw/rat)

RELATED ARTICLES

Please read the following article