Are You a Zetizen?
Show Menu

4 Alasan Kenapa Kamu Harus Sarapan Setiap Pagi

Zetizen Zetizen 27 Jul 2016
4 Alasan Kenapa Kamu Harus Sarapan Setiap Pagi

 

Zetizen.com – Buat sebagian orang, sarapan itu adalah rutinitas yang nggak bisa ditinggalkan sebelum beraktifitas. Tapi ternyata, ada juga yang justru malas untuk sarapan dan lebih senang makan menjelang siang alias brunch. Alasannya macam macam, mulai dari nggak selera, sampai karena mereka percaya sama mitos tertentu tentang sarapan. Well, biar jelas, simak aja penuturan Florence Laksmana Bsc. (lulusan University of British Columbia) berikut buat mengetahui kebenaran dari mitos mitos sarapan secara ilmiah. (fhr/giv)

 

Mitos   : sarapan Bikin Ngantuk

Khawatir bakal ngantuk di sekolah, sebagian anak jadi memilih buat nggak sarapan. Padahal sebenarnya bukan sarapannya yang bikin ngantuk. Tapi menu sarapan yang nggak tepat lah penyebabnya.

“Sarapan yang bener nggak bikin ngantuk kok. Yang bikin ngantuk itu kalau kebanyakan karbohidrat. Harusnya sarapan itu balance antara karbohidrat, protein, sama lemak.” kata Florence.

 

Mitos: sarapan Bikin Sakit Perut di Sekolah

Hayo ngaku, sebagian dari kalian pasti ada yang pernah punya pengalaman kelam: kebelet boker di kelas gara-gara sarapan. Iya kan? Terus, apa kita emang harus nggak sarapan biar nggak jadi mulas di sekolah?

Well, ternyata itu semua nggak benar loh. Sakit perut atau enggak itu hampir nggak ada hubungannya sarapan. Ya, kecuali kalau menu sarapanmu emang super pedas atau kotor. “Sarapan nggak akan bikin sakit perut kecuali makanannya nggak bersih atau terkontaminasi sama bakteri.” jawab ahli gizi di MasterrJuice Singapore ini.

 

Mitos: sarapan Bikin Gemuk

Demi punya badan yang proporsional biar gebetan tertarik, banyak remaja yang akhirnya menghalalkan segala cara. Mulai dari dari mengkonsumsi obat-obat herbal sampai mengurangi jumlah makan. Tapi apa sarapan itu termasuk rutinitas yang bikin gemuk?

Jawabannya, no! kegemukan itu justru diperoleh kalau kamu makan nggak teratur dan mengkonsumsi makanan secara berlebihan. “Sarapan yang balance nggak akan bikin gemuk. Yang bikin gemuk itu kalau kalori yang dimakan lebih besar dari kalori yang dibutuhkan.” sebut Florence.

 

Mitos: Nggak sarapan itu Gapapa

Bangun mepet? Nggak sempet sarapan? Atau lagi bokek jadi rela nggak sarapan demi beli barang kesayangan? Meski sebenarnya kamu kuat menahan lapar sampai jam makan siang, tapi apa itu sehat. 

Ternyata, itu termasuk kebiasaan nggak sehat, Guys. Sebab, sarapan itu punya fungsi penting sebagai pen-supply energimu selama sehari kedepan. “Dianjurkan sarapan karena setelah semalaman gula darah pasti drop. Padahal gula darah itu juga perlu buat energi dalam beraktivitas.” jawab Florence.

 

Nah, sekarang jadi tahu kan? Mitos-mitos yang bikin kamu takut buat sarapan itu sebenarnya nggak tepat secara ilmiah kok. Selama bisa mengkonsumsi kandungan yang seimbang antara karbohidrat, protein, dan lemak, sarapan itu bakal menunjang banget buat aktivitasmu seharian nantinya. Kalau kamu bisa tampil fresh dan optimal, kamu juga kan yang untung?

 

Florence Laksmana Bsc., ahli gizi MasterrJuice Singapore

RELATED ARTICLES

Please read the following article