Are You a Zetizen?
Show Menu

PSM ITB, Terus Berprestasi Sejak 1962

Zetizen Zetizen 28 Jul 2016
PSM ITB, Terus Berprestasi Sejak 1962

 

Zetizen.com - Ngomongin soal paduan suara di Indonesia, ada satu unit paduan suara mahasiswa yang udah eksis banget. Yep, udah berdiri sejak 11 Februari 1962, unit bernama paduan suara mahasiswa Institut Teknologi Bandung (PSM ITB) itu merupakan unit PSM tertua di Indonesia. Nggak heran, prestasi yang dicapai pun udah sangat banyak.

Meski sekarang namanya udah bergelimang penghargaan, tahu nggak sih kalau awalnya PSM ITB dibentuk cuma buat ngisi kegiatan protokoler macam upacara dan semacamnya. Namun, ternyata mereka semakin berkembang dengan meraih berbagai prestasi dan penghargaan.

Bahkan mereka baru aja mencatat berbagai gelar diajang 5th Florence International choir Festival di Italia. Gak tanggung-tanggung nih mulai dari gelar mixed youth, folklore category, costume, arrangement hingga komposer terbaik berhasil mereka raih! Kece banget nggak tuh?

 

Prestasi mereka nggak hanya sampai di Indonesia, tapi juga Internasional. Salut! (foto: dok. PSM ITB)

 

Prestasi ini tentunya gak lepas dari konsistensi dan kerja keras yang mereka lakukan. Buktinya, untuk perlombaan tersebut mereka udah mulai latihan dari bulan Februari.

Pengalaman kompetisi yang udah beragam pun jadi acuan dalam berlatuh. Soalnya, Nggak cuma bisa ikut lomba, PSM ITB juga jago bikin lomba. Sejak tahun 1968 PSM ITB punya acara yang bernama Festival paduan suara ITB yang sekarang udah jadi salah satu lomba paduan suara bergengsi di tanah air. Bahkan pada 2010 dan 2015 mereka melebarkan sayapnya dengan mengadakan International choir Competition.

Kerennya, pengalaman sebanyak itu ternyata nggak cuma disimpan sendiri. PSM ITB juga nggak ragu buat sharing ilmu mereka ke berbagai unit paduan suara yang lebih baru dari mereka. Bahkan, berbagai PSM universitas lain juga sampai ikutan studi banding ke tempat mereka loh.

Berbagai penghargaan dan piala yang dimenangkan PSM ITB di 5th Florence Intl. choir Festival (foto: dok. PSM ITB)

 

Baru-baru ini mereka mendapat kunjungan dari unit PSM Universitas Diponegoro dan Universitas Sahid Jakarta misalnya.

Nggak mengherankan kalau meskipun udah dimulai sejak 42 tahun yang lalu, PSM ITB saat ini masih menjadi unit kegiatan yang populer di kampusnya. Sebanyak 200 orang terdaftar menjadi anggota di unit kegiatan mahasiswa ini. (aw/giv)

 

Keren banget kan? Disini ada yang anak ITB nggak nih? Atau ada yang mau sharing soal unit choir lain yang kamu ikutin? Yuk langsung comment dibawah!

RELATED ARTICLES

Please read the following article