Are You a Zetizen?
Show Menu

Tokoh Dunia yang Sukses berkat Internship

Zetizen Zetizen 08 Aug 2016
Tokoh Dunia yang Sukses berkat Internship

Zetizen.com – Masih ragu buat ikut internship? Banyak Tokoh Dunia yang sukses mengawali karir sebagai anak Magang loh. Salah satunya adalah Steve Jobs yang Magang saat berusia 12 tahun. Chris Gardner, entrepreneur Amerika yang inspiratif banget, juga pernah jadi intern. Mau terinspirasi dari mereka? Yuk, simak kisah berikut ini!

 

Bill Gates

Bill Gates belajar untuk disiplin selama Magang Foto: stohl

 

Siapa yang tahu kalau jauh sebelum dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya di dunia, bill gates pernah Magang di Dewan Legislatif Seattle. Waktu itu, bos Microsoft itu berusia 18 tahun. Pekerjaan yang dia lakoni jauh dari kata high technology loh. Gates cuma menulis surat dan melakukan pekerjaan remeh lain.

 

Tapi, berada di lingkungan pemerintahan bikin dia belajar hidup disiplin. Melihat orang lain bekerja keras juga bikin dia semangat berinovasi. Nah, dua tahun setelah itu, tepatnya pada 1975, Gates mendirikan Microsoft.

 

Steve Jobs

Saat muda, Steve Jobs termasuk orang yang nekat - Foto: creation

 

Nekat dan Berani. Kayaknya dua kata itu cocok buat menggambarkan Steve Jobs saat mendapat pengalaman internship pertamanya. ‘‘Waktu umur 12 tahun, aku menelpon Bill Hewlett (bos HP yang dikenal lewat produk elektroniknya, Red) bagaimana cara mendapat pekerjaan pertamaku itu,’’ katanya kepada CNN.

 

Awalnya, Jobs sedang membuat prototype PC pertamanya dan menelpon Hewlett untuk meminta spare part buat prototype itu. Ternyata, HP malah menawarinya kesempatan untuk Magang di sana. Pengalaman itu membuat Jobs bisa melihat bagaimana desktop pertama di dunia bisa diciptakan yang menginspirasi Jobs mendirikan Apple.

 

Chris Gardner

Perjuangan Gardner diangkat ke layar lebar dan diperankan Will Smith - Foto: wordpress

 

‘‘This part of my life is called internship,’’’ kata Chris Gardner saat menggambarkan perjuangannya sebagai pegawai Magang di perusahaan sekuritas Dean Witter’s. Saat itu, dia sama sekali nggak mendapat bayaran loh. Padahal, Gardner harus menghidupi anak semata wayangnya. Saking kerasnya perjuangan Gardner, sutradara Gabriele Muccino mengangkatnya ke layar lebar. Film itu berjudul The Pursuit of Happyness (2006).

 

Nah, dari pengalaman magangnya itu, Gardner berhasil sukses menjadi pemilik perusahaan sekuritas di Amerika Serikat dengan aset mencapai jutaan dolar! Padahal, awalnya Gardner nggak punya pengetahuan ataupun relasi untuk menjadi broker. Yap, semua itu dia dapat berkat magang.

 

Tom Hanks

Saat magang, Tom Hanks dibayar oleh professional experience - Foto: the talks

 

‘‘Artistic bent, almost a philoshopy, which i learned for the first time onstage in Cleveland,’’ kata Hanks pada Cleveland saat menceritakan pengalamannya magang. Aktor yang sekarang sudah mengantongi dua piala Oscars itu memulai karirnya sebagai pegawai Magang yang nggak dibayar di Great Lakes, Theater Festival, Cleveland, Ohio.

 

Waktu itu, orang yang memperkerjakannya berkata, ‘‘Aku tidak bisa membayarmu. Tapi, aku bisa menawarkanmu sesuatu yang lebih berharga, yakni professional experience.’’ Tuh. Jadikan omongan orang itu sebagai pertimbanganmu buat mencoba internship ya, guys. It’s all about experience.

 

(huffingtonpost/internship/aw/rat)

RELATED ARTICLES

Please read the following article