Zetizen.com – Dikenal sebagai negeri diatas awan, dataran tinggi Dieng punya begitu banyak pesona yang akhirnya dirayakan dalam Dieng Culture Festival secara tahunan. Saat itu, berbagai kebudayaan lokal dipadu berbagai jenis seni ditampilkan besar besaran dengan latar belakang pemandangan Dieng yang eksotis.

Namun, bukan berarti keindahan Dieng cuma bisa kamu nikmati saat festival tersebut berlangsung. In fact, banyak banget hal menarik dari Dieng yang bisa kamu nikmati kapanpun kamu berkunjung ke sana. Berikut ini misalnya (pieter/grc/giv)

 

Seribu Candi

Okay, meski nggak benar-benar ada seribu candi, kawasan Dieng dihiasi begitu banyak Candi yang tersebar di beberapa daerah. Candi-candi ini merupakan candi Hindu beraliran Syiwa yang namanya diambil dari tokoh  wayang Mahabarata.

Ada lima kompleks Candi, yaitu Komplek Candi Arjuna, Candi Gatot Kaca, Candi Setyaki, Candi Dwarawati dan Candi Bima. Dengan pemandangan candi ditengah padang rumput berlatar belakang gunung yang berkabut, nggak ada tempat lain yang rasanya lebih cocok buat bikin foto kamu jadi terasa mythical.

 

Kawah Aktif

Selain Candi, dataran tinggi dieng juga terkenal dengan beberapa kawah yang nggak kalah indah. Salah satu kawah yang masih aktif dan dijadikan objek wisata adalah Kawah Sikidang. Disini, ada spot foto bersama burung hantu sampai persewaan jeep off-road dan motor trail buat kamu yang pengin meng eksplor kawasan kawah.Yang lebih unik lagi, ada loh tempat yang menyajikan pertunjukan rebus telur dalam kawah.

Semuanya terbuka untuk umum, namun jangan lupa untuk membawa masker atau penutup muka, ya! Karena kawah ini masih aktif dan mengeluarkan belerang.

 

 

Telaga Warna

Masih pengin menjelajah lagi? Well, coba aja kamu berkuncung ke Telaga Warna. Tempat ini  punya view yang benar-benar keren. Bentangan telaga yang berwarna kehijauan dikelilingi gunung gunung yang berkabut bakal menyambutmu.

Kalau kamu mau menikmati pemandangan telaga dari tempat yang lebih tinggi, kamu bisa coba mendaki Bukit Pandang yang ada di sisi telaga. Tenang aja, kamu cukup mendaki bukit ini selama 10 menit kok. Dari atas bukit kita bisa berfoto dengan background pegunungan dan telaga yang tenang.

 

Mie Unik

Nah kalau udah lelah berwisata alam, saatnya wisata kuliner. Warga Dieng punya makanan khas yaitu Mie Ongklok. Seperti namanya, makanan ini berbahan utama mie yang direbus. Yang membedakan mie ini dari mie lainnya adalah kuahnya yang kental dengan rasa rempah-rempah yang kuat. Rempah-rempah ini ternyata punya khasiat buat menghangatkan tubuh.

Mie ini juga disajikan dengan sate ayam. Udah gitu, tambahan bumbu kacang dan bawang goreng sebagai topping bikin mie ini makin tasty. Yummy! Ohiya, buat kamu pecinta makanan pedas, rasa mie ini sangat cocok dengan tambahan sambal ijo loh!

Share
Create Your Own Article!