Zetizen.com – Gimana jadinya kalau sekolah kalian isinya cowok semua? Kayaknya pasti membosankan dan rawan tawuran deh ya? Eh tapi jangan salah, kalian nggak bakal nemuin dua hal itu di SMA Kolese De Britto. Sebagai satu satunya sekolah di Yogyakarta yang semua muridnya cowok, sekolah yang punya sebutan JB ini justru punya banyak keunikan yang nggak dimiliki sekolah lain. Simak nih penjelasannya langsung dari Tjandra Christian, siswa XI IPS 1 De Britto. (dhs/giv)

 

Diperbolehkan Berambut Gondrong

Caption

Buat kamu yang sebel banget harus selalu berambut pendek, kayaknya sekolah di De Britto bakal supermenyenangkan. Soalnya, nggak ada aturan tentang panjang rambut. Semua siswa di JB boleh memiliki rambut gondrong. Tapi, kalau kamu udah memutuskan buat berambut gondrong, kamu harus mampu mempertanggungjawabkan semua kegiatan dan perbuatanmu di sekolah.

 

Baju Bebas Untuk Sekolah

Di JB kalian bakal ngerasain sekolah ala ala High School Musical gitu deh. Karena di sana seragam sekolah hanya diwajibkan setiap hari Senin saja. Jadi hari Selasa sampai Sabtu boleh pakai baju bebas, selama bajunya sopan dan berkerah serta bercelana panjang dan bersepatu. FYI, peraturan ini dibuat supaya anak yang nggak mampu tetap bisa sekolah tanpa harus terbebani biaya seragam.

 

Macan Perak 161

Meski muridnya cowok semua, JB juga punya tim dance yang sangat terkenal di Yogjakarta loh! Tim bernama Macan Perak 161 ini selalu tampil mendukung perwakilan sekolah yang bertanding. Nah, karena satu sekolah isinya cowok semua, otomatis tim dance-nya pun cowok semua. 

 

Meskipun begitu mereka bener-bener nggak punya malu loh. Bahkan di ajang DBL Jogja tahun ini mereka tampil dengan kostum daster ala ibu-ibu. FYI, Macan sendiri diambil julukan mereka Macan Demangan dan Perak memiliki kepanjangan pemandu sorak. Sedangkan 161 sendiri dambil dari alamat sekolah mereka Jl. Laksda Adisucipto 161, Yogjakarta.

 

“JB Mania” Suporter De Britto

Urusan supporter, De Britto punya nama yang juga udah terkenal di seantero Yogyakarta, yakni JB Mania. Gimana enggak, cuma JB mania lah suporter sekolah yang isinya penuh cowok-cowok berambut gondrong. Suporter yang udah terbentuk sejak tahun 2009 ini selalu tampil mendukung setiap pertandingan olahraga yang diikuti De Britto. Saking hits-nya komunitas suporter ini, nggak jarang loh sekolah lain ikutan join buat jadi suporternya De Britto.

 

Program Live In Profesi

JB juga punya kegiatan yang namanya Live in Profesi. Program ini hampir mirip kayak PKL atau praktek kerja lapangan anak kuliahan. Program Live in Profesi ini mewajibkan siswa kelas 12 untuk menjalani magang sesuai dengan profesi dan minat mereka masing-masing loh. Jadi, sekalipun kamu nggak melanjutkan berkuliah, kamu udah punya skillset yang lengkap dan siap terjun di dunia kerja. Keren kan?

Share
Create Your Own Article!