Universitas Oxford menjadi universitas favorit di dunia (foto: oxford)

 

Zetizen.com – Merasa belum puas dengan jurusan atau universitasmu sekarang? Kamu masih punya kesempatan untuk kuliah di Universitas Oxford atau Universitas Cambridge, Inggris, loh. Jardine Foundation membuka pendaftaran beasiswa sampai 20 Oktober 2016. Simak penjelasannya!

 

Jardine Foundation ini adalah agen pendidikan yang sudah berdiri sejak 1982. Mereka memberikan beasiswa berupa kesempatan belajar di Universitas Oxford, almamater penyanyi Maudy Ayunda, dan Universitas Cambridge. Beasiswa itu diberikan kepada 200 pelajar dari negara-negara Asia, termasuk Indonesia.

 

Saat ini, Jardine sedang membuka pendaftaran untuk tahun ajaran 2017. Apa saja biaya yang ditanggung Jardine Foundation?

- Biaya kuliah pokok dan tambahan

- Biaya hidup selama di Inggris

- Biaya akomodasi dari tempat asal ke Inggris pada awal dan akhir tahun ajaran

 

Untuk bisa mendapatkan beasiswa itu, kamu harus:

- Nggak sedang memperoleh beasiswa lain

- Lulus SMA/sederajat atau sedang di jenjang ke-7. Karena high school di Indonesia cuma 6 tahun (SMP-SMA), kalau diterima, kamu akan sekolah lagi setahun di Inggris.

- Sehat jasmani rohani dan belum menikah

- Mendaftar dulu ke universitas tujuan lewat UCAS (College Admission Services)

 

[Baca syarat lengkap dan dokumen yang dibutuhkan di sini]

 

Suasana Universitas Cambridge yang berhasil ditembus Kevin (foto: dailyhit)

 

Meski Universitas Cambridge dan Universitas Oxford adalah universitas favorit di dunia, jangan patah semangat dulu. Banyak kok pelajar Indonesia yang bisa menembus kedua universitas itu. Misalnya, Kevin Surya Widjaja. Yap, Kevin diterima di Universitas Cambridge jurusan teknik kimia lewat Beasiswa Jardine.

 

Kevin Surya, peraih beasiswa Jardine asal Indonesia (foto: ppiuk)

 

Keinginan Kevin buat kuliah di sana penuh pertaruhan. Sebab, dia jadi nggak bisa lulus cepat. Dia harus mengulang satu tahun SMA di Inggris buat menuhi persyaratan standar. Tapi, it was worth it, kan?

 

“Aku sangat bersyukur karena mengambil keputusan yang berani saat itu. Kalau nggak, saya nggak akan di Cambridge University,” tulis Kevin dalam ppiuk.org.

 

Buat kamu yang tertarik mendaftar, persiapkan dirimu dengan matang. Masih ada waktu kok sampai pendaftaran ditutup. Good luck! (fhr/rat)

 

Share
Create Your Own Article!