Are You a Zetizen?
Show Menu

Mengenal Miniature Photography Bareng @cak_soekir

Zetizen Zetizen 28 Aug 2016
Mengenal Miniature Photography Bareng @cak_soekir

 

Zetizen.com - Ada yang pernah liat karya foto kayak di atas ini?

Ya ini merupakan salah satu karya miniature photography. Dan asal kamu tahu aja ya, masih jarang orang yang menggiati aliran ini. Beruntung Zetizen bisa ketemu sama salah seorang penggiatnya, dia adalah Ahmad Joko Sukirno atau yang biasa dikenal dengan cak sukir (cek akun instagramnya @cak_soekir).

Kami main-main ke rumah Cak Sukir. Di sana kami disambut ramah, dan diajak melihat kegiatannya memotret mini figur berukuran 1:87. Kami kira butuh peralatan foto khusus dan tempat yang lapang untuk diorama memotret mini figur. Ternyata dugaan kami salah. Sebab, kegiatan yang dilakukan Cak Sukir ini nggak butuh bidang yang luas. Bahkan cak sukir juga lebih sering berkarya di halaman rumahnya, daerah Keputih, Surabaya. Hal ini juga lah yang menyebabkan cak sukir ‘hijrah’ memotret mini figur setelah sebelumnya lebih banyak hunting foto-foto makro serangga.


Nih salah satu contoh foto yang dibuat cak sukir di halaman depan rumahnya.

 

 
ayeaaaah... Surabaya masih berkabut...A photo posted by ayeaaaah (@cak_soekier) on

 

Cak Soekir cukup jeli membuat maianan mini-nya menjadi lebih hidup. Para mainan mini ini seperti menemukan dunia mini mereka sendiri. Padahal properti yang digunakan sederhana dan bisa kita temui di kehidupan sehari-hari. Misal ada sisir, batu, lumut yang ada di depan rumah, kaleng bekas, lampu bekas, kulit kacang, serpihan kayu, dan masih banyak barang lainnya. Seru kan?

Dengan belajar memotret mini figur, kita akan lebih paham mengenai komposisi foto. “Karena miniatur sendiri merupakan objek yang diam jadinya buat yang mau menekuni fotografi bisa mencoba foto miniatur dulu supaya bisa tau tentang komposisi, karena bagusnya foto miniatur tergantung pinter-pinternya fotografer menata objek miniaturnya sendiri.

 

 

Modal miniature photography juga nggak banyak. "Untuk yang baru ingin memulai bisa beli yang harga sepuluh ribu. Nanti kalau sudah jago, baru deh cari figur yang limited edition dengan detil gurat wajah lebih 'sadis'," ujar Cak Soekir kepada Zetizen disela kegiatannya memotret figur. Kerennya lagi, Cak Soekir ini suka memotret hanya dengan bermodalkan kamera hape-nya.

 

 

Nah, kalau yang ini foto hasil Zetizen mencoba bermain rana bersama Cak Soekir.

 

Buat kamu yang tertarik mencoba miniature photography, buruan deh ikutin tips dari cak sukir. Klik link ini ya.

(aw/zet)

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article