Are You a Zetizen?
Show Menu

Pasta Cooking Hacks: Tips Seru Memasak Pasta Enak

Zetizen Zetizen 10 Sep 2016
Pasta Cooking Hacks: Tips Seru Memasak Pasta Enak

  

Zetizen.com - Buat yang awam memasak pasta, pasti bilang masak pasta itu ribet. In fact, masak pasta itu gampang kok! Cukup kuasai beberapa hacks berikut, hidangan pasta-mu sukses jadi pasta enak. Wih, bisa buat pamerin skill memasak nih! (ndy/ver)

 

Masak spaghetti dengan teflon bisa mengirit air dalam memasak. Credit: Parade

 

Masak spaghetti Pakai Teflon

Cara memasak pasta emang harus direbus. Tapi nggak berarti musti pakai air yang banyak dan panci besar untuk merebusnya.

Daripada air terbuang sia-sia, ganti panci rebusan memasak pasta dengan wajan teflon. Selain membutuhkan sedikit air, permukaan teflon yang lebar dan datar mempercepat panas merata untuk mematangkan spaghetti dengan cepat.

Untuk trik memasak seperti ini, paling pas menggunakan air dingin. Oh ya, belakangan ini spaghetti maupun pasta lainnya populer dimasak dengan resep one pot pasta. Lebih praktis dan hemat waktu penyajian. Cocok buat kamu yang nggak pengin ribet. Al dente!

 

Pasta dengan cream alpukat. Credit: damndelicious

 

Ala Vegetarian, Ganti Cream Sauce Dengan Buah Alpukat

Selain saus daging, pasta juga kerap menggunakan cream sauce untuk rasa yang lebih rich dan creamy. Sayangnya, menu dengan cream sauce bakal menggagalkan usaha dietmu. Nah, ada cara untuk menggantikan tekstur creamy tersebut kok. Buah alpukat bisa jadi alternatif. Diberi perasan jeruk lemon dan bumbu simple, maupun salsa menyerupai saus guacamole juga nikmat loh!

Alpukat pun rendah lemak dan kaya antioksidan. Jadi, nggak perlu worry deh lihat timbangan setelah menyantap pasta dengan saus alpukat. Yummy!

 

Cara ukur porsi pasta. Credit: popsugar/livestrong

 

Mengukur Porsi Pasta yang Pas

Berapa sih porsi yang pas buat masak pasta? Sering yang ngira kalau pasta itu makanan yang nggak mengenyangkan. Padahal, karena terbuat dari tepung berprotein tinggi, pasta dalam jumlah porsi sedikit pun bisa bikin kenyang. Jika kamu pernah menemukan alat masak sendok spaghetti, bentuknya yang aneh sebenarnya bukan tanpa tujuan. Lubang kecil di bagian tengahnya justru berfungsi untuk ukuran satu porsi pasta seperti spaghetti, linguini, maupun fettucini.

Tapi, kamu bisa gantikan sendok spaghetti ini dengan bantuan tangan dan jari-jari. Spaghetti, linguini dan fettunici bisa diukur dengan membuat lingkaran antara ibu jari dan telunjuk, membentuk lingkaran dengan batas dua ruas jari. Sedangkan untuk pasta seperti penne, macaroni, farfalle dll, ukuran yang tepat adalah selebar kepalan punggung tangan atau ruas jari pada kepalan tangan.

Gimana? Sekarang masak pasta jadi menu super simple yang enak dan mengenyangkan, kan? Happy cooking, guys!

RELATED ARTICLES

Please read the following article