Are You a Zetizen?
Show Menu

Resep Jajanan Sehat ala Chef Yuda Bustara

Zetizen Zetizen 12 Sep 2016
Resep Jajanan Sehat ala Chef Yuda Bustara

 

Zetizen.com - Siapa sih yang rela dan bisa menolak tampilan jajanan di sekolah yang praktis, murah, dan cepat saji? Tapi, siapa yang tahu sehat atau enggaknya makanan itu bagi tubuh? Oleh karena itu, chef Yuda Bustara mau berbagi Resep rumahan sehat yang nggak beda jauh sama jajanan di sekolah. Selain simpel, memasaknya nggak sampai 30 menit loh. Cobain, yuk! (ivm/c5/grc/rat)

 

1. Saus Praktis

Salah satu daya tarik bakso di sekolah adalah sausnya yang merah merekah. Nah, buat menghindari pewarna makanan yang nggak sehat, kamu bisa bikin sendiri di rumah dengan saus botolan. Agar lebih enak, masak saus botolan serta campur dengan kaldu ayam, cuka, dan maizena. Tapi, percaya deh, rasanya bakal lebih segar dan menggugah selera kalau kamu menggunakan tomat asli. Cukup campur dengan gula dan garam, lalu masak sampai mendidih. Yummy!

 

2. Bakso Aneka Rasa

Buat bikin bakso atau pentol, kamu bisa pakai berbagai jenis daging. Misalnya, daging sapi, ayam, dan ikan tenggiri yang diblender atau digiling lebih dulu. Gunakan tepung beras sebagai perekat daging, jadi sama sekali nggak pakai boraks ya. Agar lebih tasty, bisa dicampur pakai nori, keju, atau telur puyuh. Bentuk dengan menggunakan tangan dan masak dalam air mendidih ya. Selama proses memasak higienis, bola-bola bakso itu dijamin awet kok.

 

3. Easy Lidi-lidian

Mi lidi-lidian emang enak karena bumbu dan teksturnya yang renyah. Nah, agar lebih sehat, bikin lidi-lidian dari spageti atau pasta angel hair yang bertekstur tipis. Rebus pasta sampai matang, lalu tiriskan. Setelah itu, oven pasta sampai kaku. Setelah dingin, bumbui pasta kering tersebut dengan garam, merica, atau bubuk keju. Bisa juga taburi dengan bubuk oregano atau basil kalau ingin rasanya lebih mirip dengan pasta.

 

Jadi, Resep jajanan mana yang mau kamu coba bikin?

RELATED ARTICLES

Please read the following article