Are You a Zetizen?
Show Menu

Ingin Gigi Tetap Putih dan Sehat? Lakukan Tips Berikut

Zetizen Zetizen 12 Sep 2016
Ingin Gigi Tetap Putih dan Sehat? Lakukan Tips Berikut

 

Zetizen.com – Sebagai salah satu bagian tubuh, gigi punya peran penting dalam menjaga penampilan. Nah, sebenernya menjaga gigi tetap putih itu perlu nggak sih? Terus, gimana cara simpel buat melakukan perawatannya sehari-hari? Langsung aja nih simak penjelasannya dari Dr. Ira Widjiastuti, drg., Mkes, SpKG, Spesialis Konservasi Gigi. (dhs/giv)

 

Q: Ngomong soal gigi, sebenarnya kebiasaan apa sih, Dok, yang bikin gigi jadi kuning?

A: Jadi gini, perubahan warna gigi terbagi menjadi dua, yaitu secara eksentrik dan intrisik. 

Penyebab eksentrik berasal dari apa yang kita makan. Seperti karena mengonsumsi kopi, teh, dan beragam buah-buahan seperti anggur dan delima, bisa menyebabkan gigi menguning.

Selain itu, kebiasaan merokok juga bisa bikin gigi semakin menguning loh. Mulai dari perubahan pigmen hingga akhirnya diikuti oleh penumpukan plak gigi, kebiasaan ini bisa bikin gigi rusak.

Sedangkan untuk faktor intrinsik perubahan warna gigi, disebabkan konsumsi obat-obatan seperti antibiotik, antiseptik, bahkan obat kumur untuk gusi pun bisa menyebabkan gigi berubah warnanya.

 

Q: Lalu bagaimana sih cara merawat warana putih gigi tanpa harus melakuan perawatan mahal?

A: Kurangi kebiasaan merokok, konsumsi kopi atau teh. Kalau memang nggak bisa, biasakan sikat gigi yang rutin setelah mengkonsumsi minuman itu. Ganti juga sikat gigi secara teratur misalnya, 3 bulan sekali. Tujuannya agar bakteri di sikat gigi tidak banyak menumpuk sehingga berpindah ke gigi. Terakhir, tetap selalu biasakan diri untuk rutin kontrol ke dokter gigi seperti walaupun hanya untuk membersihkan karang gigi.

 

Q: Menurut Dokter, Perlu Nggak Sih Usaha Memutihkan Gigi?

A: Dibanding memutihkan gigi, sebenarnya yang paling penting itu justru menjaga kesehatan giginya. Kalau gigi sehat, dengan sendirinya warna gigi akan tetap putih seperti mutiara. Nah, itu juga yang jadi salah satu benefitnya menjaga kesehatan gigi.

 

Nah gimana, Guys, udah tahu kan sekarang? Jadi biasakan merawat gigimu dengan benar yaa!

RELATED ARTICLES

Please read the following article