ilustrasi terapi telapak tangan (foto: sunnytwc)

 

Zetizen.com – Waktu ada peramal yang bilang bisa membaca masa depan lewat garis tangan, mungkin kamu nggak percaya. Tapi ternyata, secara medis telapak tangan emang bisa menunjukan banyak hal loh! Ya mungkin bukan menunjukan jodoh atau kamu cocoknya kerja dimana. Tapi justru hal-hal kayak berikut ini. (fhr/giv)

 

Melihat dari Suhu Telapak Tangan

Telapak tangan ini salah satu alat gerak paling penting karena fungsinya yang bisa menggenggam. Walau begitu, normalnya suhu telapak tangan itu kurang lebih sama dengan suhu tubuh kita. Nah kalau misal terlalu dingin atau terlalu panas, itu bisa jadi kode kalau ada sesuatu dalam tubuhmu yang nggak benar.

“Telapak tangan yang relatif lebih hangat/panas itu menandakan kalau ada peradangan dalam tubuh kita. Sebaliknya kalau lebih dingin, itu berarti kita lagi masuk angin.” sebut dr. Marissa Astari Rubianti dari RSUD. Dr. Soetomo Surabaya.

 

Melihat dari Warna Telapak Tangan

Normalnya, telapak tangan kita berwarna putih kemerahan. Namun terkadang bisa juga telapak tangan kelihatan lebih pucat atau lebih gelap dari biasanya. Hal itu ternyata berhubungan langsung sama kondisi kesehatan tubuhmu loh!

Kalau telapak tangan berwarna putih pucat-pucat gitu, kemungkinan besar, kamu sedang kekurangan darah. Sedangkan kalau telapak tangan menghitam, itu menandakan ada racun di dalam tubuh! Wah hati-hati tuh yang suka kebanyakan merokok.

“Ada lagi kalau telapak tangan seperti ada bintik-bintik putih kecil di sekitar telapak tangan, maka itu tandanya ada angin hasil pembuangan yang nggak sempurna dalam tubuh.” imbuh Astari.

 

Telapak Tangan Berkeringat?

Sering juga terjadi, tubuh kita sama sekali nggak berkeringat tapi entah kenapa malah telapak tangan yang berkeringat. Padahal nggak lagi panas-panasan atau pun olahraga juga. Kenapa ya?

“Ini masih jadi perdebatan di kalangan medis. Hipotesa menyebut telapak tangan berkeringat ada hubungannya dengan jantung lemah. Tapi hipotesa lain bilang ini lebih dipengaruhi oleh pola makan. Yang jelas emang keringatnya berlebihan, ada baiknya konsultasi langsung saja ke dokter.“ jawab Astari.

 

Telapak Tangan untuk Terapi Organ Dalam

Kalau kamu pernah pijat sakit, kadang si tukang pijat itu bakal menekan-nekan jari sampai kita merengek kesakitan. Konon, memijat jari itu salah satu bentuk terapi organ dalam lewat syaraf yang bersambung gitu deh. Tapi apa bener gitu secara medis ya?

“Secara anatomis, di telapak tangan terdapat syaraf nervus radialis, ulnaris, dan medianus. Tapi belum ada litaratur yang dengan gamblang menjelaskan penyalurannya ke organ dalam. Kemungkinan (pijit syaraf) itu sekedar hipotesa, atau mungkin pengaruhnya lewat syaraf otonom.” jelas Astari.

Entah beneran atau hoax, yang jelas teknik memijit syaraf-syaraf tangan itu pasti ngaruh secara sugestif ya! Yaa udahlah ya, selama nggak pakai terapi atau mantra aneh-aneh, mending ambil positifnya aja ya!

Share
Create Your Own Article!