Are You a Zetizen?
Show Menu

Hits-nya Foodtruck Versi OMBI

Zetizen Zetizen 23 Sep 2016
Hits-nya Foodtruck Versi OMBI

 

Zetizen.com - Akhir-akhir ini, foodtruck makin ngetren di Indonesia. Akibatnya, jumlah foodtruck pun makin menjamur. Apa sih yang bikin jajanan foodtruck disukai banyak orang? Berikut jawaban Ferry, Sekretaris Jendral Organisasi Mobil Bisnis Indonesia (OMBI).

 

Mobil Seperti Apa sih yang Bisa Disebut Foodtruck?

Kita harus ngakuin foodtruck itu makin hits. Tanpa kamu sadari, sebelum foodtruck dengan bentuk modern kayak sekarang, mobil-mobil penjual makanan udah bermunculan. Bedanya, mereka fokus pada produk, tanpa mikirin desain mobilnya. Misalnya, pedagang snack di bagasi mobil.

Ternyata, nggak semua bisa dikategorikan sebagai foodtruck. Agar mobil penjual makanan bisa tergolong foodtruck, ada karakteristik tertentu loh.

“Salah satu syarat foodtruck itu proses pembuatan makanannya harus berada di dalam mobil. Kalau kendaraan cuma ngejual snack kemasan, artinya itu bukan foodtruck. Terus misalnya ada kafe dengan desain menyerupai truk, itu juga bukan foodtruck. Karena foodtruck adalah menjajakan makanannya dengan kendaraan yang bisa berjalan,” tutur Ferry. 

 

Area penjual makanan yang diisi beberapa foodtruck digemari masyarakat. Credit: OMBI

 

Kenapa foodtruck Makin Hits?

Sekarang, foodtruck dengan bentuk unik dan menu enak bisa kita cari dengan mudah. Bahkan, beberapa event juga diisi oleh bazaar foodcourt di area outdoor.  

Menurut Ferry, ada dua alasan kenapa foodtruck bisa ngetren. Yaitu dari sisi tren masyarakat dan sisi ekonomis.

“Kami mengamati, konsumen Indonesia itu makin suka sama kuliner kreatif. Makanya inovasi dalam produk makanan pun diperlukan, salah satunya ya foodtruck ini. Dari sisi ekonomis, foodtruck menghemat biaya produksi. Bandingkan jika penjual harus membangun tempat. Jika misalnya biaya membuat restoran/kafe itu perlu 500 juta - 1 Milyar, foodtruck cuma perlu 150 juta,” jelasnya. 

 

Menu yang Cocok Dijual di Foodtruck

Biar tetep ngikuti tren, industri kuliner kreatif kayak foodtruck juga wajib paham soal menu yang lagi disukai masyarakat. Terkait hal ini, Ferry juga punya rekomendasi tersendiri.

“Kalau minuman, yang lagi ngetren banget itu fusion juice dan caramel juice. Kalau makanan sih riceball, hot dog, sama burger. Makanan-makanan ini lagi disukai masyarakat. Modal produksi pun nggak mahal kok,” tutup Ferry.

See? Ternyata foodtruck nggak cuma sebatas penjual makanan di mobil. By the way, kalau mobil penjual tahu bulat yang lagi hits sekarang bisa disebut foodtruck juga nggak, ya? (fhr/ver)

RELATED ARTICLES

Please read the following article