King of Fighters XIV HD (foto: playstation)

 

Zetizen.com - Edisi terbaru dari game legendaris King of Fighters sebentar lagi rilis. Nggak kerasa, franchisenya udah masuk rilisan ke-14 aja nih. Nah, dari zaman klasik Arcade Neo Geo (1994) sampai canggihnya Playstation 4 (2016) sekarang, kayak apa sih perkembangan grafis King of Fighters? (fhr/giv)

 

 

Era 2D (Neo-Geo Arcade, Game Boy)

Kita tahu franchise King of Fighters punya banyak seri, total hingga 14 buah. Tapi tahukah kamu, kalau ternyata 10 seri pertamanya yang rilis pada tahun 1994-2003 dirilis di konsol yang sama loh. Kesepuluh judul itu dibuat untuk platform Neo-Geo Arcade 

Hayo tahu gak Neo-Geo Arcade? Mungkin yang tahu cuma anak 90-an yah.. Pokoknya, bentuk Neo-Geo Arcade itu gede banget dan nggak bisa dibawa kemana-mana kayak gadget zaman sekarang gitu. Namun, untungnya King of Fighters juga merilis versi yang sama di konsol portable Game Boy.

Nah karena memang game jadul, nggak heran kalau seri seri awal King of Fighters punya grafis yang masih sangat pixelated alias kota kotak. Selain itu, permainannya pun masih berbentuk 2D. Namun, kesuksesan franchise-nya jadi bukti kalau versi 2D game ini memang sangat disukai.

 

 

Era Peralihan (Playstation, Playstation 2, XBOX, Nintendo Wii)

Memasuki tahun 2004, baru deh King of Fighters menjamah dunia baru lewat Playstation dan Playstation 2. Kualitas grafik dan animasi karakter dan gameplay-nya pun meningkat satu level lebih real. Beberapa fitur minor juga ditambahkan, misal jumlah karakter dan background arena yang lebih variatif.

Pada era ini, King of Fighters merilis beberapa versi dan spin-off. Yang paling notable diantaranya adalah King of Fighters 2003, dan juga King of Fighters XI. King of Fighters XI bisa dibilang sebagai titik balik franchise ini menuju era 3D. Kalau sebelumnya King of Fighters dirilis rutin tiap tahun, selama era peralihan ini SNK selaku produser ngasih gap agak lama (2-3 tahun) antar rilis barunya. 

 

 

Era HD (Playstation 3, Windows, Playstation 4)

Finally, mungkin era ini yang paling akrab sama generasi Z. King of Fighters XII (2009), XIII (2010), dan XIV (2016) dirilis dalam grafik HD, peningkatan signifikan dibanding era sebelumnya.

Improvisasinya meliputi sudut pandang kameranya yang lebih kaya, detail animasi karakter yang maksimal, serta gerak gerik karakternya pun nggak lagi kaku. Selain itu, kamu juga bisa menambah jumlah karakter yang tersedia lewat download content!

Nah, kira kira begitulah sejarah singkat King of Fighters. Tertarik buat memainkannya? Langsung aja beli game nya. Sebab, nggak lagi dirilis untuk satu konsol saja, game ini bisa segera kamu nikmati di PC, PS3, atau PS4 mu. Happy Fighting

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!