Zetizen.com - Masih ragu-ragu buat masuk jurusan teknik? Yakin? Padahal, bidang teknik dibanjiri ribuan beasiswa ke luar negeri loh. Yuk, cek beasiswa apa yang jadi targetmu! (afr/c23/rat)

 

AUN/SEED-Net (S-2 dan S-3)

Nggak mau terlalu jauh, kamu bisa coba ke negara-negara ASEAN, misalnya, Singapura. Di National University of Singapore (NUS) atau Nanyang Technological University (NTU), mereka memprioritaskan anggota fakultas muda yang ingin menjadi profesor. Untuk program S-2, kamu juga bakal mendapat sejumlah dana untuk keperluan penelitian. Cek infonya di sini http://www.seed-net.org/application-forms/

 

Mitsui-Bussan Scholarship Program (S-1)

Dengan beasiswa ini, kamu bisa kuliah di universitas teknik apa aja di Jepang sampai lulus. Syaratnya, kamu harus lulus SMA (IPA/IPS) dengan nilai rata-rata minimal 70. Nggak usah pusing mikirin biaya karena beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, transportasi Indonesia–Jepang–Indonesia, dan akomodasi lain.

 

Monbukagakusho (S-1, D-3, dan D-2)

Meski menawarkan S-1, beasiswa ini cocok buat kamu yang tertarik lanjut ke college of technology (D-3) dan specialized training (D-2). Don’t worry, kamu juga bakal belajar bahasa Jepang di sana. Setelah itu, kamu akan sering diajak bereksperimen. Nilai rata-rata unas IPA-mu harus 8,0 ya! Kamu juga bakal menjalani tes tulis lebih dulu.

 

Foto: Student Bunch

Share
Create Your Own Article!