Are You a Zetizen?
Show Menu

Tips Aman Beli Powerbank Murah

Fahri Syadia Fahri Syadia 20 Oct 2016
Tips Aman Beli Powerbank Murah

Zetizen.com - powerbank bukan lagi barang mewah yang hanya bisa dibeli sebagian orang. Saat ini banyak bermunculan powerbank keluaran Cina, Jepang, hingga Korea. Produsen pun saling banting harga agar powerbank-nya laku di pasaran. Tetapi, salah beli powerbank dapat menyebebkan risiko untuk ponselmu, lho! Nah, simak yuk tips aman beli powerbank berikut ini.

 

Powerbank murah sering menggoda pembeli. Foto: Technijuan

 

Jangan Tergoda powerbank Murah Berkapasitas Besar

Hati-hati sama iklan powerbank yang bilang punya kapasitas daya baterai besar dengan harga murah. Itu adalah taktik perusahaan untuk menarik pembeli. Sebelum beli powerbank, coba riset dulu beberapa merk powerbank yang kredibel. Kamu bisa baca review pengguna lain di internet, atau minta rekomendasi teman. Setelah itu, bandingkan satu merk dengan merk lainnya. Kalau kapasitas powerbank sama tapi selisih harganya jauh, cukup mencurigakan tuh! Males kan beli powerbank murah tapi nggak tahan lama? Oh ya, belilah powerbank yang bergaransi resmi, ya!

 

Baterai Lithium Polymer, lebih kuat tapi biasanya lebih mahal.  Foto: Sunrise Battery

 

Perhatikan Spesifikasi Powerbank

Cek spesifikasi powerbank yang akan kamu beli. Akuilah, orang cenderung menghiraukan spesifikasi detail waktu beli powerbank. Seringkali, pembeli hanya memperhatikan harga dan kapasitas. Misalnya, cek originalitas kabel konektor dan jenis sel baterai. Kabel yang nggak original dan berkualitas rendah biasanya nggak akan tahan lama. Lalu, jangan lupa perhatikan jenis baterai yang digunakan. Saat ini, kebanyakan barang elektronik menggunakan baterai jenis Lithium-Ion atau Lithium-Polymer. Usahakan pilih Lithium Polymer karena lebih tahan lama dan berkapasitas besar. Oh ya, powerbank juga punya sertifikasi uji coba, lho. Namanya sertifikasi underwriter laboratories atau UL. Dengan sertifikat tersebut, baterai yang digunakan dinilai UL sudah memenuhi standar. 

 

Sebagai konsumen, kita harus teliti dan bijak sebelum membeli powerbank! Jangan sampai, deh, tertipu powerbank murah meriah dengan kualitas di bawah standar. 

 

Edited by Mesha Mediani

RELATED ARTICLES

Please read the following article