Are You a Zetizen?
Show Menu

Hotel di Sekitar Lalala Fest 2016 Cikole Jayagiri

Fahri Syadia Fahri Syadia 03 Nov 2016
Hotel di Sekitar Lalala Fest 2016 Cikole Jayagiri

 

Credit: Lalala Fest

 

Zetizen.com - Akhir minggu ini, tepatnya Sabtu, 5 November besok, Lalala Festival: The First International Forest Festival bakal digelar di Cikola, Lembang, Bandung. (baca: LaLaLa Festival: Festival Hutan Internasional Pertama di Indonesia)

Artis-artis Internasional kayak Kodaline, Jasime Thompson, serta musisi tanah air kayak Teza Sumendra, Isyana Saraswati Payung Teduh, Maliq and D’Essential, dan lainnya siap menghibur pengunjung ditengah suasana sejuk khas Lembang. Tertarik buat nonton atau bahkan udah beli tiketnya? Well, panduan perjalanan ini bisa jadi pertimbanganmu sebelum berangkat menuju Lalala Fest. 

 

Transportasi

Opsi 1: Pesawat

Jika naik pesawat, kamu akan mendarat di Bandara Husain Sastranegara. Karena acaranya dimulai dari pukul 12 siang, ada baiknya kamu ambil flight pagi dari daerah asalmu. Selama bisa flight pagi, nggak perlu datang dari H-1 karena hotel di Bandung sendiri akan mahal di sekitar weekend. (kecuali kalau emang pingin liburan agak lama).

Dari bandara, kamu bisa langsung menuju venue dengan menggunakan taksi, atau transportasi online. Untuk penggunaan transportasi online, kamu harus berjalan menuju bagian depan bandara, disekitar situ ada minimart buat tempat kamu nunggu. Atau kalau mau taksi biasa, kamu bisa jalan 500 meter ke Jl. Padjadjaran. Sebab, penjemputan di lobby bandara cuma diperuntukkan khusus taksi bandara. Perlu diperhatikan, jarak dari bandara ke Cikole sekitar 23 kilometer. Jadi, kamu butuh budget khusus untuk ini, ya. 

Taksi Bandara: sekitar Rp. 150.000
Go-Jek: Rp. 46.000
Grab: Rp. Rp. 80.000
Taksi Biasa: RP. 100.000 - Rp. 120.000

Opsi 2: Kereta Api

Stasiun Bandung bakal menyambut kamu yang menggunakan kereta api. Selanjutnya, ada angkutan umum (angkot) dan ojek konvensional yang jadi pilihan. Tapi karena jarak ke venue mencapai 21 kilometer, kamu perlu dua kali naik angkot. Yakni dari Stasiun Bandung - Lembang, lalu Lembang - Cikole. Angkot yang digunakan yaitu Angkot Krem (memang ini namanya) yang bentuknya mobil Colt. Buat yang nggak mau ribet, transportasi online bakal memudahkanmu tuh.

Go-Jek: Rp. 43.000
Grab: Rp. 80.000
Taksi Biasa: Rp. 100.000 - Rp. 120.000

 

Opsi 3: Bus

Lebih gampang kamu pilih untuk turun di Terminal Cicaheum, agar lebih dekat ke Cikole sebagai lokasi Lalala Fest. Dari sini, kamu bisa menggunakan angkot Hijau Hitam tapi oper 3 kali: Cicaheum-Ledeng, Ledeng-Lembang, lalu Lembang-Cikole. Dari Terminal Cicaheum, jarak ke Cikole sebenarnya masih jauh, yaitu sekitar 22 kilometer. Tapi gimana lagi, opsi terminal lainnya kayak Kramat Djati malah lebih jauh (25 Km). Lagi-lagi, transportasi online bisa jadi opsi.

Go-Jek: Rp. 47.000
Grab: Rp. 80.000
Taksi Biasa: Rp. 100.000 - Rp. 120.000  

Ohiya, selaiin jarak, hal lain yang perlu diperhatikan adalah macet. Di hari libur, apalagi menyambut festival ini, Bandung itu nggak kalah macetnya dari Jakarta. Titik kemacetan utama menuju Cikole itu adalah Jl. Sukajadi dan Jl. Setiabudi. Buat yang naik Angkot, rutenya udah pakem sehingga kamu bakal berada di Angkot sekitar 1-1,5 jam. Tapi kalau pakai taksi ataupun Go-Jek/Grab yang rutenya bisa diubah, kamu bisa ambil jalan via Jl. Ir. H. Djuanda dan Jl. Pluncut. Lebih update-nya, kamu bisa pakai Waze buat panduan di hari H karena terkadang rute alternatif ini pun macet juga.

Selain Macet, Bandung juga sering banjir. Untungnya, banjir terjadi di Bandung Selatan sedangkan lokasi Lalala Fest berada di Bandung Utara jadi kemungkinan sepanjang perjalanan kamu nggak bakal tenggelam. Cuma mungkin yang perlu diwaspadai, alur air itu mengalir dari utara-selatan.. jadi kalau hujan, kamu bakal ngelawan arus air yang menggenang di jalan tuh.. Apalagi, meski masih bisa dilewati kendaraan-kendaraan di atas, memasuki Lembang-Cikole jalannya mulai curam loh! Jadi tetep hati-hati ya! 

 

 

Penginapan

Sebenarnya, kawasan Cikole terkenal dengan penyewaan tenda dan villa di area hutan pinus. Serta beberapa hotel bintang 3 yang dekat dengan lokasi. Namun kabarnya, semua fasilitas itu udah full-booked menjelang Lalala Fest. Sebagai pilihan, ada hotel bintang 5 di daerah Dago Pakar, yang harga per malam mencapai 4 juta. Buat kamu yang mau hemat, opsi berikut bisa jadi alternatif nih.

 

Opsi Hotel

Travello Hotel, Jl. Dr. Setiabudhi No. 268. 4 Star. Mulai Rp. 580.000 (by Traveloka). Jarak ke Cikole 15 kilometer.

Harris Hotel, Jl. Ciumbuleuit No. 50-58. 4 Star. Mulai Rp. 612.000 (by Agoda). Jarak ke Cikole 15 kilometer.

Fave Hotel, Jl. Braga No. 99-101. 2 Star. Mulai Rp. 408.000 (by Agoda). Jarak ke Cikole 19 kilometer.

 

Opsi Guest House

OBC Guest House, Jl. Rancabentang 1 No. 3 A. Mulai Rp. 350.000 (by Traveloka). Jarak ke Cikole 15 kilometer.

Setra Priangan Guest House, Jl. Setra Indah Utara II No. 17. Mulai Rp. 276.000 (by Agoda). Jarak ke Cikole 18 kilometer.

Casa de Apple. Jl. Apel No. 2, Rancakendal, Dago. Mulai Rp. 500.000 (by Traveloka). Jarak ke Cikole 17 kilometer.



Terakhir, lokasi Lalala Fest memang jauh dari keriuhan kota. Tapi jangan khawatir kalau soal kendaraan umum yang bakal mengantarmu dari Cikole ke Hotel usai acara nanti. Pasalnya, Go-Jek dan Go-Car telah menjadi official partner Lalala Fest sehingga memang disiapkan buat menjadi pengantar para pengunjung Lalala Fest saat balik nanti. Gimana? Udah siap merasakan serunya suasana Lalala Fest?

 

Edited by Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article