Are You a Zetizen?
Show Menu

5 Fitur Tersembunyi Google Chrome yang Bisa Mempercepat Kegiatan Browsingmu

Hakiki Tertiari Hakiki Tertiari 02 Nov 2016
5 Fitur Tersembunyi Google Chrome yang Bisa Mempercepat Kegiatan Browsingmu

 

Zetizen.com – Menguasai lebih dari 54% pasar browser menurut netmarketshare, Chrome jelas merupakan browser favorit pengguna internet saat ini. Namun, ditengah popularitasnya itu, ternyata banyak fitur google chrome yang bahkan belum diketahui sebagian besar penggunanya. Apa aja fitur itu? berikut ini beberapa diantaranya.

 

Memindahkan beberapa tab windows sekaligus

Terlalu banyak membuka tab jelas bakal bikin tampilan chrome jadi kelihatan sesak. Buat mengatasinya, pisahkan aja beberapa tab dari lainnya ke jendela chrome baru. Caranya cukup tekan Ctrl+Q serta arahkan cursor dan klik tab mana yang mau dipindahkan di jendela baru google chrome.  Terus tinggal drag aja keluar jendela tab chrome awal. Voila! tab kamu bakal berpindah ke jendela baru yang otomatis bikin tampilan jadi lebih lega.

 

 

Membuka halaman di tab windows tanpa harus ke history

Ada aja kecerobohan yang bikin tab tiba tiba ke-close secara nggak sengaja. Wah, jadi ribet kan kalau kita harus buka kolom history lagi untuk buka tab yang berusan tertutup itu. Apalagi kalau harus masukin ulang link websitenya. Tapi nggak usah khawatir. sebab, insinyur google juga udah memikirkan cara mengatasi kesalahan yang manusiawi banget ini. Cukup kombinasi kan Ctrl+Shift+T, maka tab yang tertutup akan muncul kembali, Nice!

 

Membuka tab tanpa harus mengarahkan cursor

Mouse atau touchpad adalah dua alat input yang paling memudahkan kita waktu menggunakan komputer. Tapi nggak jarang rasa mager buat mengangat tangan dan menggeser mouse itu muncul. Kalu udah begitu, jelas mencet-mencet keyboard jd hal yang paling enek dilakukan. Nah, hal ini juga berlaku waktu kamu ingin memilih salah satu tab yang udah terbuka di chrome. Hanya dengan memadukan Ctrl+Q+tombol numerik, kita bisa kembali ke tab yang memang sudah kita buka.

 

Membuka halaman rahasia google chrome

Berbicara rahasia pasti selalu membuat kita penasaran. Yaps, jika kita memiliki privasi atau rahasia, begitu juga dengan chrome. Aplikasi ini memiliki halaman rahasia yang berisi data-data pengembang serta coding Google chrome itu sendiri. Untuk membukanya, kita bisa mengarahkan ke cursor ke kolom pencarian link website lalu tulis  chrome://chrome-urls/  dengan begitu kita dapat masuk ke halaman yang hanya berisikan tulisan saja ini.

 

 

Memiliki Extension yang banyak

Seperti google playstrore di smartphone android. google chrome juga memiliki beberapa fitur-ftur extension (tambahan) untuk memanjakan para penggunanya. Walaupun hanya aplikasi browsing, extension yang ditawrkan sangatlah berguna. Mulai dari terjemahan, office online, hingga permainan. Untuk berbelanja extension di chrome ini cukup dengan masuk ke mode setting, lalu pilih extension, and then kita bisa memilih berbagai macam aplikasi yang ditawarkan. Dan satu hal lagi, semua aplikasi dsini bisa diunduh secara gratis! 

 

 

Source: pcmag, netmarketshare, techradar

Edited by Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article