Are You a Zetizen?
Show Menu

Remaja Lampung Aktif Kampanyekan Pentingnya Membaca dan Menulis

Zetizen Zetizen 07 Nov 2016
Remaja Lampung Aktif Kampanyekan Pentingnya Membaca dan Menulis

”Buku adalah jendela masa lampau, pintu ke masa depan.”

- Kantor Bahasa Provinsi Lampung

 

Lampung, Zetizen.com – Kecintaan para remaja Lampung terhadap dunia literasi meningkat nih! Hal itu terbukti pada saat Kantor Bahasa Provinsi Lampung (KBPL) bekerja sama dengan Badan Bahasa Nasional menggelar kegiatan Gerakan literasi Nasional dalam Hari literasi Lampung 2016 di Bundaran Tugu Adipura, Bandarlampung bulan lalu.

 

”Miris sekali melihat minat baca masyarakat Indonesia yang begitu rendah. Hasil penelitian dari 65 negara, Indonesia di posisi ke- 64. Sehingga kami mengajak masyarakat untuk meningkatkan minat baca,” ujar Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung Yanti Riswara Idris.

Gerakan <a href= literasi Nasional_Hari literasi Lampung 2016" width="1600" />
Kampanye Literasi (Foto: dok. Radar Lampung)

 

Saat itu, komunitas baca dibentuk dan ada gerakan aksi menulis serta membaca di Sekolah Dasar. Menariknya, para remaja yang tergabung dalam Ikadubas Lampung serta beberapa pemenang lomba bahasa KBPL ikut turun ke jalanan untuk kampanye literasi pentingnya menulis dan membaca serta berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

 

”Buku adalah jendela masa lalu dan pintu ke masa depan. Perbanyaklah membaca buku agar pengetahuan semakin bertambah. Jika pengetahuan bertambah, maka akan bisa menulis dan menyebarkan informasi kebanyak orang. Jangan lupa untuk terus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.”

Riska Aveilla N, mahasiswi Universitas Lampung dan perwakilan Ikadubas Lampung

 

FYI, Ikadubas Lampung terdiri dari remaja Lampung (Duta Bahasa) yang peduli akan dunia literasi tanah air. Ikadubas Lampung berada dibawah naungan KBPL dan terus mengkampanyekan pentingnya berbahasa Indonesia yang baik dan benar, menjaga kelestarian bahasa daerah, dan penguasaan bahasa asing. Sebagai remaja, kita memang perlu menjadi agen yang aktif dalam mengkampanyekan hal-hal positif. Salah satunya adalah kegiatan menulis dan membaca serta berbahasa yang baik dan benar. Salam literasi!

 

Gerakan <a href= literasi Nasional_Hari literasi Lampung 2016" width="1600" />
Ikadubas Lampung (Foto: dok. Radar Lampung)

 

Ditulis oleh Sandia Reka (Radar Lampung)

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article