Are You a Zetizen?
Show Menu

Rekomendasi Tempat Alternatif Pengganti Co-Working Space

Afrieza Zaqi Afrieza Zaqi 08 Nov 2016
Rekomendasi Tempat Alternatif Pengganti Co-Working Space

 

Zetizen.com - Sejak tren startup berkembang pesat di Indonesia, industri kreatif diwarnai oleh pengusaha muda dengan ide-ide segar yang inovatif. Mereka memilih co-working space sebagai tempat berkumpul dan brainstorming. Co-working space dipilih untuk menghemat pengeluaran sewa kantor. Meski begitu, banyak alternatif tempat lain untuk bertukar ide dan berbagi tempat kerja layaknya co-working space. Beberapa di antaranya juga gratis, lho. Simak yuk!

 

Perpustakaan

Perpustakaan nasional di Jepang ada coffeshop-nya juga, lho. Credit: publishingperspective

 

Perpustakaan adalah gudangnya ilmu. Berisi ratusan atau mungkin ribuan buku, perpustakaan sangat cocok bagi kamu yang ingin melakukan studi literatur. Selain itu, suasananya yang sepi juga kondusif untuk berpikir dengan tenang. Nggak ada larangan untuk 'nongkrong' berlama-lama di perpustakaan. Kamu pun bebas untuk tenggelam dalam buku tanpa batas waktu. Meski begitu, jangan lupa kembalikan bukunya ya!

 

Taman Kota

Udara segar menjadi daya tarik tersendiri untuk berdiskusi di taman. Credit: lakes.net

 

Yuk, rehat sejenak dari hiruk pikuk kota dengan berkunjung ke taman! Selain cocok untuk bersantai, Taman Kota juga asyik sebagai tempat diskusi dan bertukar pikiran. Terlebih, alam terbuka membuat suasana menjadi fresh. Beberapa taman di Indonesia sudah menyediakan wifi, lho. Sebut saja Taman Lansia di Bandung dan Taman Supeno di Semarang. Diskusi sambil browsing inspirasi jadi makin lancar, deh!

 

Coffee Shop

Asyik berbincang atau sibuk dengan laptop masing-masing adalah pemandangan lumrah di coffee shop. Credit: Wordpress

 

Bertukar pikiran rasanya kurang afdol tanpa ditemani secangkir kopi. Yap, buat kamu yang menyukai suasana hangat dan akrab, berdiskusi di coffee shop bisa menjadi pilihan tepat. Apalagi, kini banyak coffee shop tematik yang dirancang untuk menambah kenyamanan. Mulai dari coffee shop bertema back to nature, vintage, hingga minimalis. Sekarang, hampir semua coffee shop menyediakan layanan wifi. Namun, ada pula coffee shop yang sengaja nggak menyediakan wifi. Alasannya, agar pengunjung bisa fokus mengobrol dengan satu sama lain.

 

Ruang Organisasi

Ruang organisasi biasanya tersedia di tiap sekolah. Credit: Styleweekly

 

Umumnya, setiap SMP dan SMA memiliki ruang organisasi atau biasa disebut ruang OSIS. Ruangan ini sangat cocok sebagai tempat berdiskusi dan brainstorming. Sebab, kamu lebih bebas berekspresi dan mengemukakan pendapat karena ruangan hanya dikelilingi teman-teman sekolahmu. Agar suasana ruang osis lebih nyaman, cobalah ajak teman-teman untuk rajin membersihkannya. Lalu, hias ruangan agar tampilannya makin atraktif.  

 

Edited by Mesha Mediani

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article