Zetizen.com - Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-100, BMW meluncurkan mobil dengan konsep futuristik bernama “Vision Next 100” di Olympic Hall, Munich, Jerman pada 7 Maret lalu. Kecanggihan yang ditanamkan pun nggak main main. Mobil ini dilengkapi setidaknya fitur super canggih macam digital intelligence, intuitive driver vehicle interaction, futuristic materials dan intelligent drive partner.

Berbagai fitur otomasi yang dihadirkan BMW, dianggap sebagai gambaran masa depan industri otomotif. “Dengan BMW Vision Next 100 ini, kami bertujuan untuk mengembangkan skenario masa depan. Dimana sebuah imajinasi bisa berubah menjadi kenyataan,” ujar Head of BMW Group Design, Adrian Van Hooydonk, dilansir dari USA Today. Para penggagas juga berharap nantinya pengemudi bisa berkomunikasi langsung dengan kendaraan mereka.

Kecanggihan lain mobil ini dihadirkan lewat dua fitur drive mode yaitu, Boost dan Ease. Pada Boost mode, Mobil akan secara otomatis menyesuakian kondisi mengemudi paling ideal bagi pengendara. Mulai dari posisi setir, ketinggian kursi dan berbagai kondisi lainnya. sedangkan Ease mode berfungsi untuk mengambil alih kemudi. Dalam Ease mode, mobil berada dalam mode autopilot, dimana seluruh control mobil diambil alih oleh computer. Posisi duduk pengendara pun akan digeser dan diputar berhadapan dengan kursi penumpang sehingga seluruh penumpang dalam mobil dapat berinteraksi dengan maksimal.

 

(topgear)

 

Sebagai fitur pelengkap, mobil konsep ini jugad dilengkapi digitally intelligent companion, fitur untuk mempelajari kebiasaan pengemudi saat berada di dalam mobil untuk disesuaikan dengan semua pengaturan mobil agar sesuai dengan kebutuhan pengemudi.

Ada pula sistem yang disebut sebagai salah satu fitur canggih dari BMW yaitu, Alive Geometry. Fitur ini dapat memberikan sinyal analog kepada pengemudi yang berkomunikasi dengan kendaraan ini. Kerennya, sinyal tersebut benar benar dibentuk dari material penyusun mobil yang terdiri dari ratusan keping kecil yang dapat berubah bentuk. Dengan cara ini, sistem tersebut menjadi sangat efisien.

BMW juga menambahkan langkah paling tepat untuk menciptakan sebuah mobil masa depan adalah dengan penggunaan bahan tambahan LED organik, kaca depan yang juga berfungsi sebagai layar dari augmented reality. BMW group rencananya akan memperkenalkan mobil ini ke bebrapa negara seperti, China, Inggris, dan Amerika Serikat dalam waktu dekat. (bs/dhs/giv)

foto : architecturaldigest

Share
Create Your Own Article!