Are You a Zetizen?
Show Menu

Oka Zulkarnain Menjadikan Kain Khas Kalbar jadi Sarung yang Gaul

Zetizen Zetizen 27 Nov 2016
Oka Zulkarnain Menjadikan Kain Khas Kalbar jadi Sarung yang Gaul

 

Pontianak, Zetizen.com Desainer Indonesia selalu mengangkat kekayaan lokal, khususnya kain tradisional, agar dikenal di mancanegara. Salah satunya seperti yang dilakukan Oka Zulkarnain, fashion designer asal Kalimantan Barat. Bersama dengan 118 desainer lain dalam Indonesian fashion Chamber (IFC), Oka mengkampanyekan gerakan Sarung is My New Denim.

 

Oka tergerak melakukan hal ini Karena melihat anak-anak muda masa kini lebih sering memakai jeans. Oleh karena itu, dia ingin menghilangkan anggapan kalau Sarung cuma bisa dipakai di acara adat, pernikahan, dan kematian.

 

‘‘Dengan meng-create sarung, anak muda juga bisa kok tampil keren dan gaul. Kalau ingin terlihat kasual, kamu bisa memadukannya dengan sneakers dan boots atau sepatu yang sedang tren. Saya mulai meng-create Sarung dan menggunakannya di setiap acara yang dihadiri. Jadilah trendsetter dengan menciptakan tren sendiri, bukan hanya sebagai followers,’’ ujarnya.

 

Oka pun mengusung tema full colour dan playfull. ‘‘Kami berharap bisa mengangkat Sarung agar lebih dikenal dan kekinian. Rencananya, tahun 2017 saya juga mau mengangkat denim menjadi Sarung yang tetap dikombinasikan dengan kain tradisional khas Kalimantan Barat. Misalnya, corak insang Pontianak, tenun Sintang, dan Dayak,’’ tutup desainer yang menggeluti bidang Product and Development Indonesian fashion Chamber Chapter Pontianak ini.

 

Koleksi Kain Sarung Oka Zulkarnain di Jogja fashion week 2016

Oka Zulkarnain Jogja <a href= fashion week 2016" width="1600" />
Paduan ini bisa jadi referensi buat menghadiri acara semiformal. Paduan warna merah, hijau, dan gold pada motif barik serta bawahan berbentuk A-line dari kain tenun khas Kalbar nggak cuma memberikan aksen glamour, tapi juga bikin kamu cantik mempesona. Atasannya juga bisa kamu jadikan sebagai jaket atau coat lho!

 

Oka Zulkarnain Jogja <a href= fashion week 2016" width="1600" />

Berbahan dasar katun, blouse satu ini nyaman dipakai. Motif floral yang didominasi kuning dan merah tampak apik saat dipadukan dengan skirt berbahan dasar tenun corak insang serta sedikit detail. Look ini bisa menemani harimu yang kasual dan edgy. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan sneakers dan kets

 

 

Oka Zulkarnain Jogja <a href= fashion week 2016" width="1600" />
xx Aksen full colour dan banyak detail membuat tampilanmu jauh lebih berwarna. Menggunakan kain corak insang sebagai bahan utama pada atasan dan bawahan model span bermotif batik dengan detail kain tenun Sintang di bagian tengah memberi kesan manis dan cantik. Pas untuk menghadiri acara formal. Tentunya sesuai dengan gaya anak muda.

 

Written by Ghea Lidyaza (Zetizen Pontianak)

RELATED ARTICLES

Please read the following article