Are You a Zetizen?
Show Menu

Survive Menghadapi Ujian dengan 6 Makanan Ini

Survive Menghadapi Ujian dengan 6 Makanan Ini

Zetizen.com - Ujian Akhir Semester udah kayak 'takdir' yang harus kamu terima. Mau nggak mau, suka nggak suka, ujian sekolah akan selalu ada. Nah, sebagai persiapan UAS, nggak cukup hanya dengan belajar semalaman, lho, guys! Kita butuh asupan gizi untuk mengoptimalkan daya berpikir, alias brain food. Biar makin pinter, yuk icip brain food berikut ini!

 

Salmon

Konsumsi nutrisi yang pas untuk ujian. (Foto: Martha Stewart)

 

Untuk kamu pecinta sushi, pasti nggak asing lagi dengan ikan salmon. Yap, ikan yang kaya nutrisi ini memang biasa disajikan mentah. Selain rasanya lebih segar, salmon disajikan mentah agar kandungan asam lemak dan nutrisinya tetap utuh. Asam lemak omega-3 pada salmon pun dapat membantu perkembangan otak. Selain itu, vitamin B6 dan B12 juga berguna sebagai pelawan stres, lho. Cocok deh dikonsumsi abis pusing belajar Matematika! 

Well, nggak semua orang suka ikan mentah, termasuk salmon. Karena itu, kamu bisa tumis salmon dengan sedikit minyak. Untuk alternatif salmon, cobalah konsumsi ikan tuna yang sama lezat dan kaya gizinya dengan salmon. Omega-3 pada ikan tuna akan mengurangi peradangan dan memicu kerja otak.

 

Sayuran Hijau

Yuk, makan sayur! (Foto: Simply Scratch)

 

Nggak semua orang suka makan sayuran. But please, kalau mau sehat dan pintar sekaligus, makanan ini akan berjasa buatmu, lho. Yap, sayuran hijau seperti brokoli, kubis, bayam dan sayuran lain yang sejenis bisa membantu memori daya ingat kamu. Kandungan tinggi kalium dalam sayuran terbukti positif mempengaruhi kinerja otak. Sayuran berdaun hijau ini akan membantu melancarkan aliran darah ke otak. Otak pun bisa 'kuat' deh diasah seharian!

 

Dark Chocolate

Jaga mood selama ujian dengan dark chocolate. (Foto: Runner's World)

 

Dibanding segala jenis cokelat, dark chocolate, yaitu cokelat dengan kandungan kakao 60% atau lebih adalah jenis cokelat yang paling menyehatkan. Dark chocolate akan meningkatkan kewaspadaan dan melancarkan aliran darah ke otak. Selain itu, kakao juga mengandung kafein untuk meningkatkan energimu. Nah, hal ini akan menurunkan tingkat stress dan menjaga mood kamu.

Fyi, dark chocolate dan milk chocolate atau coklat manis lainnya itu beda. Memakan coklat manis justru akan membuat kamu cepat lelah karena antioksidan yang sehat hilang. 

 

Oats

Kombinasi oatmeal dan buah baik untuk tubuh. (Foto: hesca.org)

 

Nggak hanya kebutuhan vitamin yang harus kamu penuhi, tapi juga karbohidrat. Meskipun bukan nasi, karbohidrat dari oats cukup untuk memberikan dorongan energi yang pas. Gandum ini penuh dengan serat yang memperlancar pencernaan dan membantu pelepasan gula ke dalam aliran darah untuk memberi energi lebih tahan lama. Sehingga, oats cocok menjadi 'bahan bakar' untuk otak selama ujian. Tingkat magnesium yang tinggi pada oats akan membantu fungsi otak. Agar makin yummy, tambahkan yoghurt atau buah di semangkuk oats-mu.

 

Fresh Fruits

Hello, fresh fruity! (Foto: The Hearthy Soul)

 

Banyak buah dengan kulit yang memiliki cukup kandungan oksidan. Salah satunya apel. Memakan apel beserta kulitnya akan menjadi sumber energi baru. Antioksidan akan meningkatkan fungsi memori dan meningkatkan aktivitas saraf karena mereka membantu aliran darah ke otak.

Selain itu, alpukat juga bisa membantu kekuatan otak saat ujian. Alpukat yang kaya vitamin B dan kalium mampu memperkuat fungsi otak dan menghilangkan stress. Alpukat biasa diolah menjadi isian sandwich atau salad.

 

Kacang-kacangan

Lebih waspada dan nggak gampang lelah berkat kacang. (Foto: Strength Sensei)

 

Tahu nggak, ternyata kandungan gizi kacang tuh hampir sama dengan ikan. Seperti ikan, kacang mengandung asam lemak yang menghasilkan energi tinggi. Kacang juga mengandung zat besi tinggi. Hal ini akan meningkatkan perhatian dan fungsi memorimu.

Misalnya, kacang almond, pistachio dan walnut yang mengandung vitamin dan seng mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang tertekan oleh tingkat stres yang lebih tinggi. Coba deh campurkan ¼ cangkir kacang ditambah, ¼ cangkir sereal gandum, dan 2 sendok makan dried fruit sebagai sarapan sebelum ujian. Yum!

 

Source: The Daily Nexus, Stony Brook, Good Luck Exams

Edited by Mesha Mediani

RELATED ARTICLES

Please read the following article