(foto:huffingtonpost)

 

Zetizen.com – Selain akun Instagram yang bisa di-hack, tubuh kita ternyata bisa di-hack juga lho. Bedanya, body hack ini bermanfaat bagi kesehatan! Daripada minum obat, beberapa trik ini bisa mengurangi rasa sakit yang dialami tubuh kita. Semuanya sudah teruji dari penelitian yang dilakukan oleh para dokter dan ilmuan. Penasaran apa aja? Yuk, baca!

 

Hilangkan Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat benar-benar menjengkelkan. Ada nih cara buat mengurangi bahkan menghilangkan penyebab hidung tersumbat dalam 20 detik. Caranya dengan menekan langit-langit mulut bagian atas dengan lidah lalu menekan dahi. Tepatnya diantara kedua alis.

Menurut Lisa DeStefano, D.O., asisten professor di Michigan State University College of Osteopathic Medicine, teknik ini akan membuat tulang vomer yang terletak diantara rongga mulut dan sinus maxilaris mengendur dan mengosongkan cairan yang ada di sinus maxilaris. Setelah 20 detik, kamu akan merasakan hidungmu makin lega.

 

Meningkatkan Pendengaran

Jika kamu menggunakan headphone atau earphone, telinga kanan kamu pasti lebih mendengar suara penyanyi, sedangkan telinga kiri lebih fokus dengan suara musik pengiring. Ternyata, hal ini memang lumrah.

Menurut riset dari Universitas California Los Angeles, Amerika, hal ini dikarenakan telinga kiri terhubung dengan otak bagian kanan yang berfokus ke pendengaran yang cepat. Sedangkan bagian telinga kanan berhubungan dengan bagian otak kiri yang berhubungan pendengaran nada musik.

Well, jika kamu fokus mendengarkan suara orang di keramaian bisa menggunakan telinga kanan. Untuk musik yang lirih di tempat-tempat tertentu kamu bisa menggunakan telinga kiri.

 

Mengurangi Sakit Gigi

Orang tua bilang, gigi yang sakit bisa diredakan dengan kompres es. Memang benar sih, tapi efeknya hanya berhasil sekitar 10-20%. Nah, ada cara unik nih untuk menghilangkan sakit gigi. Sebuah penelitian dari McGill University, Kanada, kita bisa mengurangi nyeri gigi hingga 50% dengan meletakkan es di antara jempol dan jari telunjuk. Hal ini untuk mengggangu jalannya sakit yang dijalankan ke otak melalui implus syaraf.

 

Mengurangi Sakit saat Disuntik

Banyak orang yang takut sakit saat disuntik. Nah, kalau kamu termasuk 'si penakut', penelitian dari Thomas's Hospital, London, Norfolk and Norwich University, and Wycombe General Hospital ini bisa kamu aplikasikan nih. Ketika kamu akan disuntik, berusahalah untuk batuk sekeras-kerasnya saat jarum suntik akan masuk ke tubuh kamu, juga saat sudah masuk. Hal ini dikarenakan, saat kita batuk dengan keras, tekanan darah akan meningkat dan dapat mendistraksi nyeri yang ditimbulkan oleh suntikan.

 

Hilangkan Brainfreeze

Terkadang, saat makan es krim atau minuman dingin, secara refleks tubuh kita bisa langsung merasakan dingin. Inilah yang dinamakan dengan brainfreeze. Hal ini dikarenakan nervous atau syaraf yang ada di rongga mulut menangkap dingin dan mengirimkan ke otak.

Nah, buat mengatasinya, tutup bagian rongga atas mulutmu dengan lidah semaksimal mungkin dalam beberapa detik. Alhasil, tubuh akan menghangatkan diri dengan sendirinya

 

Edited by Mesha Mediani

 

 

Share
Create Your Own Article!